Disbud Buleleng Pentaskan Tari Topeng dan Barong Setiap Jumat

Tari Topeng.

Beritabalionline.com – Dinas Kebudayaan (Disbud) Buleleng mementaskan tari topeng dan barong di Gedung Sasana Budaya Singaraja pada setiap Jumat siang sebagai tambahan atraksi wisata dan budaya di Bali utara.

“Minggu ini pementasan digelar pada Jumat, 18 Januari 2019. Nantinya, pementasan dilakukan rutin setiap hari Jumat mulai pukul 11.00 siang,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng Drs. Gede Komang, M.Si., di Singaraja, Selasa (15/1/2019).

Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan ekonomi kreatif, pemajuan seni dan budaya untuk bisa memberikan daya dukung pariwisata di Buleleng. Kesenian ini dipentaskan oleh pimpinan dan juga staf Dinas Kebudayaan Buleleng.

“Seni yang dipertontonkan diutamakan tari topeng dan barong, tetapi kami juga akan melihat selera tamu nantinya. Jika memungkinkan akan dipentaskan juga tari-tarian yang lain,” ujarnya.

Tari Barong.

Ditambahkan, pagelaran kesenian topeng dan barong ini juga sebagai upaya untuk menjadikan Gedung Sasana Budaya sebagai salah satu destinasi wisata kota, sehingga para wisatawan yang ingin ke kota Singaraja bisa menikmati pertunjukan seni yang digelar rutin setiap Jumat.

Untuk pembiayaan pagelaran seni itu, Kadisbud Gede Komang akan berkonsultasi dengan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana. Rencananya, pihaknya akan menggunakan donasi dari wisatawan yang datang untuk menutup biaya operasional.

“Wisatawan yang datang menonton nantinya tidak diwajibkan membayar, melainkan dengan donasi secara sukarela. Kami juga tidak menganggarkan dana untuk kegiatan ini, karena pementasan seni ini dilakukan oleh staf kami,” demikian Gede Komang. *tra

BACA JUGA:  Wabup Komang Sanjaya Silaturahmi dengan Warga Tionghoa di Vihara Dharma Gita, Tabanan