Terjunkan Anjing Pelacak, Polisi Perketat Penjagaan Pelabuhan Gilimanuk dan Padang Bai

Polisi dibantu anjing pelacak memeriksa kendaraan di Pelabuhan Padang Bai, Karangsem. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Polsek KP3 Laut Padang Bai memperketat penjagaan di Pelabuhan Padang Bai, Karangasem yang menjadi salah satu pintu masuk ke wilayah Bali. Satu persatu kendaraan pengangkut barang diperiksa secara teliti oleh petugas kepolisian.

“Pemeriksaan terhadap barang dan seluruh kendaraan dilakukan guna memperkecil kesempatan bagi pelaku kejahatan yang membawa barang ilegal masuk Bali melalui Pelabuhan Padang Bali. Pemeriksaan barang juga melibatkan anjing khusus pelacak dari unit Satwa K9,” ungkap Kapolsek KP3 Laut Padang Bai, Kompol I Wayan Suberata saat dikonfirmasi, Senin (14/1/2019).

Selain barang bawaan, surat-surat kendaraan dan identitas diri tidak luput dari pemeriksaan petugas. Kompol Wayan melanjutkan, kegiatan ini juga untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan khususnya pelaku curanmor karena tidak menutup kemungkinan barang-barang hasil kejahatan dibawa para pelaku menuju Bali maupun sebaliknya ke NTB.

“Pemeriksaan ini akan terus dilakukan selama 24 jam. Personel polri yang berjaga akan bergilir sesuai dengan jadwal tugasnya,” terang Kompol Wayan.

Tidak hanya di Pelabuhan Padang Bai, penjagaan di Pelabuhan Gilimanuk Jembrana juga diperketat. Satwa berupa anjing khusus narkotika berjenis golden bermana Maxs unit Satwa K9 juga diterjunkan.

“Saya menekankan kepada anggota Polsek KP3 Laut Gilimanuk yang tergabung dalam Unit Kecil Lengkap (UKL) untuk melakukan pemeriksaan terhadap semua jenis kendaraan tanpa terkecuali. Pemeriksaan terhadap barang dan seluruh kendaraan dilakukan guna memperkecil kesempatan bagi pelaku kejahatan untuk membawa barang ilegal melalui pintu masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk,” tandasnya.

Selain itu, barang bawaan, surat-surat kendaraan dan identitas diri juga kita periksa secara ketat. Dan sampai hari ini, petugas tidak menemukan barang berbahaya seperti bahan peledak maupun narkoba yang masuk ke Bali.

BACA JUGA:  Kedapatan Bawa Ganja, Bule Amerika Terancam 5 Tahun Penjara

Kegiatan ini juga untuk menjaga situasi agar tetap kondusif apalagi sekarang sudah menjelang pemilu,” demikian Kapolsek KP3 Laut Gilimanuk Kompol I Nyoman Subawa. (agw)