Pemkab Gianyar Segera Terbitkan Perbup Soal Sampah Plastik

Bupati Gianyar Agus Mahayastra.

Beritabalionline.com – Peraturan Gubernur (Pergub) Bali No. 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai didukung penuh Pemkab Gianyar, Hal ini dibuktikan Bupati Gianyar Made Mahayastra segera menindaklanjuti dengan mengeluarkan Peraturan Bupati yang lebih rinci terkait cara pelaksanakan Pergub.

“Terkait Pergub 97 tahun 2018  yang mengatur sampah plastik sekali pakai, saya selaku Bupati Gianyar akan segera  mengatur secara lebih teknis dengan lebih mengena untuk bisa segera diberlakukan,” ucap Mahayastra, Selasa  (8/1/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gianyar, I Wayan Kujus Pawitra, yang membidangi kebersihan mengaku akan mendukung  Pergub tersebut. Mengenai keberadaan Pergub yang memuat sampah plastik, pihak DLH mengaku juga sedang merancang Peraturan Bupati Gianyar.

“Kami melakukan penanganan sampah dari sumber masalah, yaitu dari rumah tangga. Yaitu sampah dapur menjadi penyumbang sampah terbesar di kabupaten Gianyar,” ujarnya. Untuk itu, pihaknya mengatur mengenai pemilahan sampah di tingkat rumah tangga, sehingga nantinya desa-desa akan dilibatkan.

Menurut pejabat asal Desa Lebih Kecamatan Gianyar itu, program yang sedang dilakukan ini sesuai dengan program pemerintah Provinsi Bali. “Yang kami lakukan sejalan dengan program Gubernur Bali, dengan visinya Sat Kerthi Nangun Loka Bali ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Kujus, untuk mendukung perbup itu, pemerintah menargetkan pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di 70 desa yang ada di Kabupaten Gianyar.

“Kami targetkan 2025 semua desa sudah mampu membentuk TPST,” terangnya. “Kami juga terus membagikan truk sampah ke desa-desa,” tuturnya.

Pihaknya menargetkan 2025, semua desa sudah memperoleh truk sampah. “Sehingga tiap desa bisa membentuk TPST. Nanti truk itu akan mengangkut sampah yang sudah diolah ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah),” pungkasnya. yes

BACA JUGA:  PLN Bantu Pecalang Desa Adat Seminyak Sepeda Motor Listrik Ramah Lingkungan