Rai Mantra dan Ribuan Pemedek Tangkil ke Pura Sakenan saat Kuningan

IB Rai Mantra sembahyang di Pura Sakenan saat Hari Raya Kuningan. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pada Saniscara (Sabtu) Kliwon, Wuku Kuningan yang juga bertepatan dengan Hari Suci Siwalatri, Sabtu (5/1/2019), ribuan umat Hindu (pemdek) tangkil (sembahyang) ke Pura Sakenan, Desa Pekraman Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan.

Selain para pemedek, Wali Kota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra berserta Pimpinan dan staf OPD di Lingkungan Pemkot Denpasar juga terlihat hadir serta melakukan persembahyangan di Pura Sakenan.

IB Rai Mantra naik jukung menuju Pura Sakenan untuk sembahyang. (foto : ist)

Persembahyangan bersama yang ‘dipuput’ dua sulinggih, yakni Ida Pedanda Budha Jelantik Giri Griya Gunung Sari Ubud dan Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa Putra Keniten berlangsung sangat khusuk. Ritual ini juga  diiringi dengan tarian wali, topeng, kekidungan dan gamelan.

Pujawali ini merupakan suatu wujud rasa syukur yang dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam upaya melanjutkan pembangunan di Kota Denpasar, kata Rai Mantra.

Menurutnya, pelaksanaan pujawali ini terasa sangat spesial, karena tahun ini Haru Raya Kuningan jatuhnya betrsamaan dengan Hari Suci Siwalatri. “Ini merupakan hal yang langka, karena hanya terjadi sekiranya 46 Tahun sekali,” demikian Rai Mantra. (tra)

BACA JUGA:  Rai Mantra Buka Lomba Kendang Tunggal dan Jauk Manis ST. Suralaga