Karang Taruna Putra Persada Masuk Peringkat Lima Nasional

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Made Watha saat memegang penghargaan Peringkat ke V Evaluasi Pilar-Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Nasional 2018 dari Kementerian sosial.(foto:yesiariska).

Beritabalionline.com Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati mempersembahkan kado spesial di awal tahun 2019 kepada masyarakat Bali, khususnya masyarakat Gianyar. Pasalnya, pada ajang Evaluasi Pilar Pilar Sosial Berprestasi Tingkat Nasional, Karang Taruna Putra Persada yang menjadi duta Bali mampu tampil sebagai peringkat kelima se-Indonesia.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial, Agung Gumiwang Kartasasmita diterima Ketua Karang Taruna Putra Persada, I Made Suantara pada Puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Tahun 2018 di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, akhir pekan lalu.

Ketua Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati, I Made Suantara mengatakan, prestasi yang diraih melalui proses yang cukup panjang. Setelah mengikuti seleksi di tingkat kabupaten, provinsi kemudian di tingkat nasional. Untuk di tingkat nasional, juga menjalani beberapa tahap seleksi dan masuk 20 besar.

“Setelah masuk 20 besar, kita masih mengikuti beberapa tahapan seleksi lagi. Dan akhirnya, diumumkan menduduki peringkat ke lima di tingkat nasional pada puncak peringatan HKSN 2018,” kata  Suantara baru – baru ini.

Dikatakan Suantara, karang taruna telah dibentuk tahun 1991. Visi misinya di bidang sosial sudah sangat jelas dan sudah diimplementasikan dalam program kegiatan di masyarakat. Salah satunya, paket sembako untuk KK tidak mampu di Desa Sukawati, donor darah, senam lansia, pap smear gratis hingga pemberian bantuan kursi roda pada penyandang disabilitas. Semua kegiatan tersebut bekerja sama dengan dinas/instansi terkait di pemerintahan. Begitupula saat terjadi bencana alam erupsi Gunung Agung, anggota Karang Taruna Putra Persada juga turut aktif di posko pengungsian di lapangan Sutasoma Sukawati.

Tidak hanya berkiprah di kegiatan sosial, kata Suantara Karang Taruna Putra Persada juga intens menaruh perhatian pada kelestarian lingkungan sekitarnya, seperti rutin mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan di Pantai Purnama.

BACA JUGA:  Nelayan Penuktukan, Buleleng yang Hilang di Perairan Bali Belum Ditemukan

Dalam bidang seni, tahun ini Sekehe Gong Dwija Cita Langu Karang Taruna Putra Persada Desa Sukawati sebagai Duta Kabupaten Gianyar untuk ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40. Sedangkan untuk bidang olahraga, Karang Taruna Putra Persada Sukawati sering menjadi pemain terbaik tenis meja, voli, dan bela diri.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, I Made Watha mengatakan, prestasi yang diraih Karang Taruna Putra Persada, Desa Sukawati merupakan prestasi yang membanggakan masyarakat Gianyar di awal tahun 2019. Prestasi tersebut, tak terlepas dari dukungan dan kerjakeras semua lapisan masyarakat, baik pemerintah maupun pihak swasta.

“Prestasi ini merupakan kado special awal tahun bagi masyarakat Gianyar. Ke depan, diharapkan lebih banyak lagi tumbuh organisasi-organisasi sosial di masyarakat sebagai mitra pemerintah dalam menangani masalah sosial,” imbuh Watha.

Made Watha menambahkan, upaya menangani masalah kesejahteraan sosial diperlukan adanya keterpaduan dan sinergitas diantara para pemangku kepentingan. Pemerintah dalam hal ini membutuhkan peran serta pilar-pilar sosial seperti karang taruna, LKS,PSM dan TKSK sebagai mitra kerja pemerintah untk membantu pemerintah menangani masalah sosial seperti masalah kemiskinan. (yes)