2019, Gubernur Koster Prioritaskan Pembangunan Infrastruktur yang Terintegrasi

Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wagub Cok Ace saat menyampaikan pidato akhir tahun. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Menyambut tahun baru 2019, Gubernur Bali Wayan Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Cok Ace menyampaikan pidato akhir tahun 2018 di Gedung Ksirarnawa, Taman Budaya, Art Center Denpasar, Senin (31/12/2018).

Pidato disampaikan guna memberikan transparansi dan akuntabilitas kepada publik terhadap berbagai kebijakan pembangunan Bali kedepan, sesuai visi “Nangun Sat Kerti Loka Bali”. Hadir dalam kesempatan itu, Pimpinan OPD Pemprov Bali, tokoh agama dan tokoh masyarakat, pimpinan media cetak maupun elektronik, dan undangan lainnya.

Dalam pidato akhir tahun yang berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut, Gubernur Koster menyampaikan evaluasi program selama tiga bulan yang telah dijalaninya pada 2018 dan rencana program setahun yang dilaksanakan selama 2019.

Adapun arah kebijakan dan program pembangunan mencakup 5 bidang prioritas, yaitu Bidang 1 : Pangan, Sandang, dan Papan, Bidang 2 : Kesehatan dan Pendidikan, Bidang 3 : jaminan Sosial dan Ketenagakeriaan, Bidang 4 : Adat, Agama, Tradisi, Seni dan Budaya dan Bidang 5 : Pariwisata.

Lima bidang prioritas tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara secara terintegrasi dan terkoneksi. Total belanja program dan anggaran dalam APBD Bali Tahun 2019 mencapai Rp 6,834 trilun.

“Disadari bahwa arah kebijakan, program, dan pembentukan peraturan perundang-undangan berupa rancangan undang-undang, peraturan daerah, dan peraturan gubernur yang akan dilaksanakan Tahun 2019 sesungguhnya merupakan pekerjaan besar, namun sangat mendesak untuk dilaksanakan guna menata kembali secara fundamental dan komprehensif alam, manusia, dan kebudayaan Bali sesuai dengan filosofl Sad Kerthi,” terang Koster yang juga Ketua DPD PDIP Bali.

Mengakhiri sambutannya, Gubernur Koster yang sebelumnya pernah menjabat tiga periode sebagai anggota DPR RI menyampaikan, atas nama pribadi, keluarga, serta Pemerintah Provinsi Bali mengucapkan Selamat Hari Raya Natal, Hari Suci Galungan dun Kuningan, serta Tahun Baru 2019.

BACA JUGA:  Hari Ini, Pasien Sembuh Covid-19 di Bali Lebih Banyak dari Kasus Positif, Meninggal Dunia 9 Orang

“Semoga sinar suci Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa menuntun dan menguatkan kita untuk berpegang teguh pada Dharma dalam menjalankan swadharma masing-masing. Semoga Kita senantiasa dilimpahi anugerah kesehatan, kesejahteraan, kebahagiaan, dan kesuksesan,” demikian Koster menutup pidatonya. (tra)