Gubernur Imbau Masyarakat Batasi Penggunaan Mercon pada Malam Tahun Baru

Surat Edaran Gubernur Bali terkait perayaan Malam Tahun Baru. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Guna mengantisipasi timbulnya gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat, Gubernur Bali Wayan Koster mengeluarkan Surat Edaran tentang pelaksanaan perayaan malam penyambutan Tahun Baru 2019.
“Diimbau kepada masyarakat agar membatasi penggunaan mercon atau bahan peledak, bunga api dan sejenisnya yang dapat menimbulkan suara keras, yang dapat membahayakan diri sendiri, orang lain dan lingkungan,” demikian bunyi Surat Edaran Gubernur Bali yang diterima Beritabalionline.com, Sabtu (29/12/2018).
Dalam surat edaran yang dikeluarkan tanggal 28 Desember 2018 itu, Gubernur Bali juga memerintahkan bupati/walikota se-Bali agar dapat melakukan koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan meningkatkan sinergitas bersama TNI, POLRI, dan bukan pengamanan lainnya dalam rangka penggunaan mercon/bahan peledak, bunga api dan bahan sejenisnya pada saat perayaan malam pergantian tahun 2018.
“Kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat agar mengoptimalkan peran aktif masyarakat dalam rangka mencegah dan menyelesaikan potensi-potensi gangguan ketertiban umum dan ketenteraman masyarakat melalui prinsip-prinsip kearifan lokal dalam penggunaan mercon dan sejenisnya,” kata Gubernur.
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri mengeluarkan Surat Edaran dengan nomor 003.1/11331/SJ, tanggal 19 Desember 2019 tentang peningkatan kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Satpol PP, Satlinmas dan Pemadam Kebakaran pada Rangkaian Perayaan Hari Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (agw)