Gandeng Unud Lakukan Penelitian, Polda Bali Ingin Rubah Perilaku Aparat Kepolisian

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose saat jumpa pers akhir tahun 2018. (foto : Agung W/Beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Guna meningkatkan dan menguatkan fungsi kepolisian, pihak Kepolisian Daerah (Polda) Bali bekerja sama dengan Universitas Udayana (Unud) untuk melakukan penelitian (research).
“Hasil penelitian akan dipakai untuk mengubah perilaku anggota kepolisian di bidang pelayanan, rekrutmen, dan penegakan hukum,” kata Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Reinhard Golose saat jumpa pers akhir tahun 2018 Kapolda Bali, Jumat (28/12/2018) di Kuta, Badung.
Penelitian yang melibatkan tim peneliti dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unud untuk mengetahui bagaimana persepsi atau penilaian masyarakat terhadap kinerja Polda Bali dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
Selain itu, penelitian yang dilakukan oleh LPPM Unud juga untuk mengetahui hasil, manfaat dan perubahan yang terjadi di masyarakat atas kinerja Polda Bali selama satu tahun terakhir.
Kapolda lantas menuturkan, selama 2 tahun menjabat, ia mencatat harapan masyarakat Bali yang menginginkan kehadiran polisi berseragam di tengah-tengah masyarakat dalam rangka Harkamtibmas.
“Masyarakat juga berharap tidak ada lagi Bom Bali 3 karena dampak Bom Bali 1 dan 2 telah menghancurkan semua aspek masyarakat yang kehidupan perekonomiannya bergantung pada sektor pariwisata,” jelas Kapolda.
Hal lain papar Irjen Golose, masyarakat berharap kemacetan lalu lintas di Bali harus segera diselesaikan oleh kepolisian bersama stakeholder lain karena minimnya ruas jalan dan lokasi parkir.
“Kepolisian juga diharapkan dapat mengungkap kasus-kasus menonjol yang menjadi perhatian masyarakat. Dan harapan lain, masyarakat menginginkan tidak ada lagi aksi-aksi premanisme di Bali,” terang Kapolda Bali. (agw)
BACA JUGA:  Lagi 4 Orang Meninggal Dunia karena Covid-19 di Bali, 121 Positif, 77 Sembuh