Suastini Koster akan Berkolaborasi dengan Tari Cak Nongan pada NVF III

Putri Suastini Koster didampingi suami (Gubernur Bali) saat menerima audiensi Panitia NVF III di Gedung Jayasabha. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ni Putu Putri Suastini Koster yang juga istri Gubernur Bali, mendukung kegiatan Nongan Village Festival (NVF) III di Kabupaten Karangasem yang sedianya digelar pada pertengahan Juli 2019.

“Saya mendukung kegiatan Nongan Village Festival III tersebut, sebagai ajang kreatif dan pelestarian seni dan budaya di desa setempat,” ujar Putri Suastini Koster saat menerima prajuru (pengurus) dan tokoh masyarakat Desa Pakraman Nongan serta Panitia NVF III di rumah jabatan gubernur, Gedung Jayasabha, Denpasar, Minggu (23/12/2018).

Ia mengharapkan, akan NVF menampilkan seni dan budaya yang selama ini ditinggalkan generasi muda. Langkah itu dilakukan sebagai upaya pelestarian seni budaya daerah, khususnya yang ada di Kabupaten Karangasem.

“Saya berharap kegiatan ini akan mampu melestarikan seni budaya masyarakat. Karena dengan di masing-masing desa maupun kabupaten/kota di Bali melakukan kegiatan tersebut maka budaya yang selama ini ditinggal warga setempat bisa bangkit lagi. Embrio budaya di Pulau Dewata berasal dari masyarakat yang tersebar di pelesok desa Bali,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Putri Suastini Koster, di Nongan Village Festival III nanti  itu pihaknya akan tampil membawakan beberapa puisi yang dikolaborasikan dengan tarik cak yang ada di Desa Nongan.

Sememntara itu, Penyarikan (Sekretaris) Desa Pakraman Nongan Made Geriya yang didampingi Bendesa Nongan I Gusti Ngurah Wiryanata mengatakan, ajang budaya yang dikemas lewat NVF 2019 digelar untuk kali ketiga yang sepenuhnya digerakkan oleh generasi muda desa setempat.

“Ajang ini sepenuhnya digerakkan anak-anak muda Desa Nongan. Kami sebagai prajuru sepenuhnya mendukung kegiatan itu agar dapat melestarikan seni budaya di tengah kemajuan teknologi serta pesatnya perkembangan pariwisata Bali,” ujarnya. (tra)

BACA JUGA:  Tolak Remisi Susrama, Puluhan Wartawan Kembali Gelar Demo di Monumen Puputan Klungkung