Gempa 4,5 SR Guncang Lombok Tengah

Pusat gempa bumi di Lombok Tengah. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Wilayah Lombok Tengah kembali diguncang gempa bumi tektonik. Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG), gempa bumi berlangsung, Sabtu (22/12/2018) sekitar pukul 13.58.26 WITA.
“Hasil analisa menujukkan bahwa gempa bumi berkekuatan 4,5 SR terletak pada koordinat 8,56 LS dan 116,31 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km timur laut Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 km,” terang Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs.M. Taufik Gunawan melalui siaran pers.
Gunawan menerangkan, dampak gempa bumi berdasarkan laporan berupa guncangan dirasakan masyarakat di wilayah Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara, Lombok Barat dam Lombok Timur.
“Guncangan akibat gempa bumi juga dirasakan sebagian masyarakat di Karangasem dan Kuta, Bali,” tambahnya.
Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).
“Kepada masyarakat di wilayah Lombok Tengah diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pesan Gunawan. (agw)
BACA JUGA:  BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan 3 Hari Berkabung Nasional dan Kibarkan Bendera Setengah Tiang