Wabup Artha Dipa Beri Bantuan 24 Kelompok Petani

Wabup Karangasem Wayan Artha Dipa menyerahkan secara simbolis bantuan kepada kelompok petani.(foto:ist).

Beritabalionline.com  Dalam rangka meningkatkan populasi dan jumlah produksi peternakan tahun 2018, Wakil Bupati Karangasem, I Wayan Artha Dipa didampingi Kepala Dinas Pertanian I Wayan Supandi dan Camat Karangasem hadir pada acara tatap muka dengan petani penerima bantuan.

Acara yang disinkronkan dengan penyerahan hadiah pemenang Lomba Gapoktan/Poktan Simantri, Petugas/Tenaga Pendampingan Simantri, penyerahan hadiah/Piagam Penghargaan bagi PPL, POPT, THL-TBPP, Penyuluh Pertanian Swadaya, Petani Berprestasi dan KWT Pengolah dan Pemasaran Hasil Peternakan Tingkat Kabupaten Karangasem Tahun 2018, Senin (17/12/2018) bertempat di Banjar Dinas Kebon Bukit, Desa Bukit Kecamatan  Karangasem.

Sebelum dimulainya acara tatap muka, Wakil Bupati Karangasem meninjau salah satu Kelompok Tani Ternak Sari Kenitir yang bertempat tidak jauh dari lokasi acara.

Kepala Dinas Pertanian, I Wayan Supandi dalam laporannya mengatakan, dalam rangka meningkatkan populasi dan jumlah produksi peternakan Tahun 2018 program-program yang telah dilaksanakan adalah program utama USPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) dan pemberian bantuan ternak kepada Kelompok Tani Ternak. Upaya pengembangan ternak melalui pemberian bantuan ternak telah dilaksanakan melalui tahapan yang sistematis, dimulai dengan tahapan pengajuan usulan kegiatan, identifikasi KTT calon penerima dan calon lokasi kegiatan, verifikasi KTT calon penerima kegiatan hingga realisasi kegiatan.

“Pada hari ini telah hadir Kelompok Tani yang terdiri dari 15 kelompok tani ternak penerima bantuan ternak, 3 kelompok tani penerima bantuan komoditi perkebunan, 3 kelompok Simantri pemenang lomba tingkat Kabupaten, 3 KWT pengolah dan pemasaran hasil peternakan pemenang lomba tingkat kabupaten dan petugas PPL,POPT, THL-TBPP, penyuluh pertanian swadaya dan petani berprestasi di Kabupaten Karangasem tahun 2018,” ungkapnya.

Pada acara itu, Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa menyerahan secara simbolis berupa bantuan 200 ekor ternak sapi betina produktif untuk 9 kelompok tani ternak, penyerahan secara simbolis bantuan 50 ekor kambing peranakan Etawah untuk 2 kelompok tani ternak, penyerahan secara simbolis bantuan 4.000 ekor ayam buras (DOC) untuk 4 kelompok tani ternak, penyerahan secara simbolis bantuan komoditi kelapa kepada Subak Abian Sarin Gunung Desa tiying Tali Kecamatan  Abang, komoditi kapas kepada kelompok tani Ancak Lestari Desa Seraya Timur, Kecamatan  Karangasem, komoditi nilam untuk kelompok tani Satya Loka Parama Sidhi Desa Menanga Kecamatan  Rendang.

BACA JUGA:  Singapura Sumbang Rp 1,4 Miliar untuk Korban Gempa di Lombok

Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dalam sambutannya mengatakan, sektor pertanian memiliki peran yang sangat strategis khususnya dalam pemantapan ketahanan pangan, pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan pemerataan pendapatan dan yang tidak kalah pentingnya adalah peranan sector pertanian dalam aspek ekologi guna mendukung sumber daya alam, lingkungan hidup seperti pelestarian sumber daya air.

Artha Dipa juga mengatakan, Pemerintah Provinsi Bali telah membantu Kabupaten Karangasem melalui program Simantri yang sampai dengan tahun 2018 ini telah berjumlah 94 Simantri yang tersebar di 8 kecamatan. Simantri yang dicanangkan oleh  Gubernur Bali merupakan pengembangan model percontohan dalam percepatarn alih teknologi kepada masyarakat pedesaan sebagai bagian dari program Bali Mandara yang intinya bagaimana memelihara sapi Bali sebagai kegiatan utama dan memanfaatkan limbahnya sebagai bahan pupuk organik yang dibutuhkan tanaman pertanian spesifik lokasi serta pemanfaatan biogas dan bio urinenya.

Artha Dipa melanjutkan, prestasi yang diraih diharapkan memotivasi kelompok Simantri, KWT Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan maupun petugas pertanian yang lain untuk berprestasi demi terwujudnya pertanian yang tangguh dan berbudaya di Kabupatern Karangasem

“Saya sangat berharap agar bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dan berkembang meningkatkan taraf perekonomian rakyat terutama petani serta dapat menjadi sentra-sentra peternakan maupun perkebunan yang menjadi ikon utama sektor pertanian di kabupaten Karangasem,” tegas Wakil Bupati. (jab)