Gubernur Koster Dukung BPJS Beri Jaminan Layak untuk Tenaga Kerja di Bali

Gubernur Koster (tengah) saat menerima audensi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali Nusra dan Papua beserta jajarannya. (foto : agw)
Beritabalionline.com – Gubernur Bali Wayan Koster menerima audensi Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Bali Nusa Tenggara dan Papua (Banuspa), M. Yamin Pahlevi beserta jajarannya di Kantor Gubernur Bali, Jumat (14/12/2018).
Dalam kesempatan ini Yamin Pahlevi melaporkan empat program BPJS Ketenagakerjaan yang telah dilaksanakan di Bali, yakni Jaminan Hari Tua, Jaminan Kematian, Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Pensiun.
Melalui kegiatan sosialisasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan dan Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali, pelaksanaan program tersebut di sudah berjalan baik. Namun, masih diperlukan upaya lagi untuk meningkatkan kesadaran pelaku usaha guna memenuhi amanat Undang-undang dengan mengikutsertakan pekerjanya ke dalam jaminan sosial tenaga kerja.
Menanggapi hal tersebut, Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan dukungannya terhadap langkah BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikan jaminan sosial yang layak bagi tenaga kerja di Bali. Ia menambahkan, penyempurnaan jaminan sosial bagi masyarakat juga menjadi salah satu visi Nangun Sat Kertih Loka Bali yang telah dicanangkannya.
Gubernur Koster juga menyambut baik program jaminan kematian yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan. Program ini menurutnya akan sangat membantu krama Bali yang melaksanakan upacara ngaben. Namun ia berharap pelaksanaan ngaben di masyarakat dilaksanakan secara gotong royong karena menguntungkan krama baik dari segi biaya maupun waktu.
Pahlevi mengatakan dengan premi Rp16 ribu, peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mendapatkan santunan kematian sebesar Rp24 juta. Bahkan jumlah ini menurutnya sedang dibahas untuk ditingkatkan menjadi 28-30 juta rupiah.
Dalam audiensi tersebut, gubernur didampingi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Provinsi Bali Ni Luh Made Wiratni. (agw)