Bawa 4 Kilogram Kokain, WNA Peru Diamankan di Bandara Ngurah Rai

WNA asal Peru beserta barang bukti yang diamankan petugas. (foto : Agw/Beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Bali mengamankan seorang WNA asal Peru, Jorge Rafael Albornoz Gamarra (44) karena kedapatan membawa narkoba jenis kokain seberat 4 kilogram di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai.
“Tersangka ditangkap saat tiba di Bali dengan menggunakan pesawat Emirates Airlines EK450 dengan rute Dubai – Denpasar,” ungkap Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT, Untung Basuki di Kantor Bea Cukai Ngurah Rai Jalan Airport Ngurah Rai, Badung, Kamis (13/12/2018).
Untung menerangkan, terungkapnya kasus seorang bule membawa narkoba ketika petugas mencurigai hasil pencitraan X-Ray terhadap barang bawaan yang dibawa pelaku yang baru tiba di Bandara Ngurah Rai, Kamis (6/12/2018) sekitar pukul 16:00 Wita.
“Dari hasil pemeriksaan terhadap koper hitam, petugas menemukan 4.740 gram brutto atau yang apabila dinettokan seberat 4.080 gram padatan berwarna hitam yang merupakan sediaan narkotika jenis kokain. Barang tersebut dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai dinding koper,” bebernya.
Untung menambahkan, modus yang dilakukan pelaku menjadi temuan baru di Indonesia. Sebelumnya, modus membentuk kokain seperti lapisan koper diketahui pernah terjadi di luar negeri.
“Koper bagian dalam terurai setelah kami campur dengan bahan kimia. Modus seperti ini baru kita temukan di Indonesia. Dan untuk pengembangan kasusnya, pelaku sudah kami serahkan ke Polda Bali,” jelasnya. (agw)
BACA JUGA:  Penyidik Kejati Bali Amankan Mobil, Motor, Buka Tanah dan SHBG Milik Tersangka Mantan Kepala BPN Denpasar