Gunakan Kartu Kredit Curian, Dua Orang Pelaku Diamankan Polisi

Polresta Denpasar saat rilis kasus pencurian dan pemberatan. (foto : Agung Widodo/Beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Satreskrim Polresta Denpasar meringkus dua orang pelaku pencurian dengan pemberatan. Kasus ini terungkap berkat rekaman CCTV di lokasi tempat kedua pelaku mengambil tas milik korban bernama Sunjoto Widjaja (52).
“Kedua pelaku berhasil kita amankan setelah tiga minggu melakukan penyelidikan,” kata Waka Polresta Denpasar AKBP Nyoman Artana saat rilis kasus pengungkapan di Mapolresta Denpasar, Senin (10/12/2018). Peristiwa pencurian berawal saat korban tengah makan di Warung Sederhana di Jalan Merdeka, Denpasar Timur, Kamis (15/12/2018) sekitar pukul 20:30 Wita.
Selesai makan, korban berbincang dengan temannya di areal parkir dan menaruh tas miliknya di bawah mobil. Saat akan pergi, tas milik pria asal Semarang, Jawa Tengah ini sudah hilang. Dua hari kemudian, korban menerima pemberitahuan melalui E-Banking bahwa kartu kredit BCA miliknya ada yang menggunakan membeli barang di beberapa tempat di Denpasar.
Polisi yang menerima laporan mendatangi TKP dan memeriksa rekaman CCTV. Di sana, petugas akhirnya mengetahui ciri-ciri dan kendaraan yang digunakan pelaku saat mengambil tas korban. Dari hasil penyelidikan, polisi kemudian menangkap pelaku bernama Zaki Sadema (24) di seputaran Denpasar, Sabtu (8/12/2018) sekitar pukul 03:00 Wita.
Zaki kemudian buka mulut dan mengaku aksinya dilakukan bersama temannya bernama Gunawan Saputra (29). Sehari kemudian, Gunawan ditangkap petugas saat berada di kamar kosnya di Pulau Adi no. 5, Banjar Pedungan, Denpasar Selatan.
“Dari pengakuan tersangka Gunawan, yang mengambil tas korban adalah temannya bernama Darmawan. Dia sudah kita jadikan DPO. Setelah mencuri tas, ketiganya lalu bersama-sama menggunakan kartu kredit milik korban untuk berbelanja handphone, PS, dan belanja barang lain hingga korban mengalami kerugian sekitar Rp56 juta,” terang Waka Polresta.
Selain mengamankan pelaku, petugas turut menyita satu unit mobil yang digunakan Gunawan dan teman-temannya berbelanja memakai kartu kredit korban, sepeda motor saat mencuri tas, handphone merk Samsung note 9 black yang dibeli menggunakan kartu kredit BCA milik, PS dan stick PS, serta barang bukti lainnya.
“Pelaku kita jerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dan pemberatan dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” terang Waka Polresta Denpasar. (agw)
BACA JUGA:  Ipung Minta Oknum Petugas P2TP2A Perkosa Korban Pemerkosaan Dihukum Berat