Pemprov Bali Ingin Wujudkan Kemandirian Pangan

Gubernur Koster pada Peringatan ke-38 Hari Pangan se-Dunia di Kota Singaraja, Buleleng. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Dalam pembangunan Bali 5 tahun kedepan, Pemerintah Provinsi Bali ingin mewujudkan kemandirian pangan dengan meningkatkan nilai tambah dan daya saing pertanian serta memastikan  terpenuhinya kebutuhan pangan, sandang dan papan dalam jumlah yang memadai bagi kehidupan krama atau warga Bali.
Wacana tersebut sebagaimana tertuang dalam Visi “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana, demikian Gubernur Bali Wayan Koster pada Peringatan ke-38 Hari Pangan Sedunia (HPS) Tingkat Provinsi Bali yang dipusatkan di Taman Kota Singaraja, Buleleng, Jumat (7/12/2018).
“Berdasarkan Data dan laporan tentang kondisi Ketahanan Pangan di Provinsi Bali dari aspek ketersediaan pangan cukup memadai untuk kebutuhan penduduk Bali dan wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali dengan tingkat keterjangkauan dan distribusi pangan sudah sampai ke seluruh pelosok desa di Bali dengan harga sangat stabil,” kata Koster yang juga Ketua DPD PDIP Provinsi Bali.
Namun demikian, lanjut dia,  pihaknya tidak henti-hentinya mengajak semua pihak untuk senantiasa menjaga stabilitas cadangan  dan harga pangan sehingga Bali tetap ajeg dibidang pangan.
Ditambahkan Koster, peringatan Hari Pangan Sedunia bertujuan untuk memperkuat kerjasama dan membangun koordinasi fungsional yang efektif dengan melibatkan seluruh komponen pemerintah dan masyarakat dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan nasional serta memotivasi stakeholder untuk berpartisipasi secara  aktif dan berkelanjutan dalam membangun ketahanan pangan. (tra)