Rai Mantra Ajak Wirausaha Muda Ciptakan Daya Saing Kompetitif dan Profesional

IB Rai Mantra saat meninjau stand pameran yang menampilkan hasi karya WMD. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Sebanyak 18 finalis Wirausaha Muda Denpasar (WMD)  berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam final Lomba WMD ke-9 tahun 2018 yang digelar Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, Sabtu (24/11/2018) di Colony Creativehub Plaza Renon.

Malam grand final dihadiri Walikota Denpasar, I.B Rai Dharmawijaya Mantra. Sebelum acara dimulai walikota  berkesempatan meninjau stand pameran yang menampilkan hasil karya para WMD se-Kota Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Rai Mantra menyatakan menyambut baik serta mengapresiasi kegiatan ini dengan harapan para WMD ini dapat menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, jika suatu negara ingin maju, maka jumlah entrepreneurshipnya harus banyak. Ia mencontohkan di luar negeri, dimana jumlah entrepreneurshipnya diatas 10-20 persen, sedangkan di Indonesia saat ini perlahan tapi pasti entrepreneurshipnya sudah semakin meningkat.

“Seorang wirausaha itu harusnya memiliki sila ke enam, yakni kreatif sampai mati.  Kalau tidak kreatif maka tidak akan bisa berkembang. Kreatifitas itu intinya harus mampu bertindak serta dapat menginspirasi perubahan,” kata Rai Mantra.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dunia akan terus mengalami perubahan tidak terkecuali dunia wirausaha. Terlebih sekarang kita mengalami revolusi industri 4.0, artinya mengalami perubahan yang besar dan cepat yang bisa merubah prilaku manusia.

“Yang terpenting adalah, kedepannya adanya daya saing yang kompetitif dan professional serta tumbuhkembangnya usaha itu menjamin kehidupan kita,”tandasnya.

Sementara Ketua WMD Kota Denpasar, Putu Wirama didampingi Ketua Panitia, Dwi Trisna Putra mengatakan bahwa 18 pengusaha ini terpilih dari 97 pengusaha muda yang mendaftar. Lomba ini dibagi menjadi 3 kategori peserta, yaitu SMA/SMK, IT, dan Umum.

BACA JUGA:  Pemkot Denpasar "Soft Opening" Pasar Badung

Dijelaskan, kegiatan kali ini tercatat sudah yang ke sembilan kalinya. Bagi para pemenang nantinya akan diberangkatkan ke Rumah Perubahan Rhenald Kasali di Jakarta untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan.

Menurut Wirama, WMD ini tidak hanya menggandeng lebih banyak wirausaha muda, namun mampu menggerakkan perekonomian dengan mewadahi dan memberdayakan WMD di Kota Denpasar. (tra)