Legislator Sebut Kontes Sapi Bali Sebagai Upaya Mencari Bibit Unggul

Sapi Bali.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Ketua Komisi IV DPRD Bali I Nyoman Parta menyebutkan bahwa rencana Pemerintah Provinsi Bali untuk melaksanakan kontes sapi Bali sebagai upaya untuk mencari bibit unggul sapi Bali. Langkah ini juga merupakan bagian dari implementasi perda nomor 10 tahun 2017 tentang perlindungan sapi Bali.

“Dari sapi dewasa juara 1, diambil spermanya, lalu disebar melalui kawin suntik pada betina produktif secara gratis. Anak yang lahir disebut bibit unggul dan dapat sertifikat layak bibit, dan dijual dengan harga istimewa,” ucap  Parta  Minggu (18/11/2018).

Menurut politisi PDIP asal Gianyar tersebut, dalam pelaksanaan kontes sapi Bali nantinya akan ada sekitar 14 kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria tersebut untuk memastikan bahwa bibit yang dihasilkan nantinya benar-benar bagus. Targetnya kedepan Bali menjadi pusat pembibitan sapi Bali.

Menurut rencana kontes sapi Bali akan dilaksanakan secara bertahap dari tingkat kabupaten/kota hingga tahap provinsi. Sapi yang menang dalam kontes akan dibeli dengan harga istimewa.”Akan dibeli dengan harga istimewa, satu setengah kali, kalau misalnya harganya 10 juta maka akan dibeli dengan harga 15 juta” kata Parta yang juga merupakan Ketua Pansus perda nomor 10 tahun 2017 tentang perlindungan sapi. (yza)