Bandara Ngurah Rai Catat 5,2 Juta Wisman Kunjungi Bali

I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi.(foto: ist).

Beritabalionline – Sebanyak 5,2 juta wisatawan mancanegara (wisman) tercatat memasuki Bali melalui Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada Januari hingga Oktober 2018 dengan pertumbuhan jumlah sebanyak 321.370 wisman.

General Manager Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Yanus Suprayogi mengatakan pada bulan Oktober juga terjadi kenaikan jumlah wisatawan sebesar 6.58% dibandingkan periode pencatatan selama sepuluh bulan di tahun lalu. Dilanjutkan, berdasarkan data dari Januari hingga Oktober, beberapa negara masuk dalam 10 besar mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun lalu.
Salah satu yang mengalami kenaikan cukup signifikan, kata dia, yakni wisatawan asal Amerika Serikat meningkat 50,83% atau sebesar 6.653 wisman dibandingkan dengan tahun lalu. “Perhelatan besar yang diselenggarakan pada Bulan Oktober seperti IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 dan Our Ocean Conference 2018 yang telah selesai dilaksanakan di Bali merupakan salah satu faktor penyebab meningkatnya kedatangan wisatawan mancanegara,” ujarnya.
Yanus menambahkan selain itu perhelatan besar di Oktober terutama IMF-World Bank Group Annual Meetings 2018 merupakan faktor penyumbang terbesar kenaikan wisman, meski diakuinya pada bulan Oktober tidak termasuk dalam musim puncak ramainya (peak season) kedatangan wisman ke Bali. (yza)
BACA JUGA:  Bandara Ngurah Rai Layani 5,39 Juta Penumpang