Tingkatkan Kesejahteraan Petani, Badung Segera Bangun Agro Techno Park

Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa bersama Tim Kelitbangan Badung mengadakan kunjungan ke Universitas Brawijaya. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Bupati Badung Nyoman Giri Prasta menginstruksikan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Badung untuk melakukan kajian terkait pembangunan Agro Techno Park (ATP) di Wilayah Badung Utara, khususnya Kecamatan Petang.

ATP itu nantinya dibangun di satu kawasan pertanian yang terintegrasi dengan mengkombinasikan pertanian dengan pariwisata. Pendirian ATP ini bertujuan untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan petani.

Menindaklanjuti instruksi tersebut, Tim Kelitbangan Badung mengadakan kunjungan ke Universitas Brawijaya Malang. Rombongan dipimpin Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa tersebut diterima Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Universitas Brawijaya, Dr. Sihabudin,  SH,  MH, beserta sejumlah petinggi Universitas Brawijaya, Malang, Selasa (13/11/2018).

Wabup Suiasa mengatakan, kunjungan itu dilakukan untuk mengetahui dan mengidentifikasi potensi komoditi unggulan ATP Cangar Universitas Brawijaya. “Hasil dari kunjungan ini akan kami jadikan bahan komparasi sehingga mampu merancang dan memperkaya kajian pengembangan kawasan pertanian terpadu ATP di Kabupaten Badung, yang nantinya mengintegrasikan potensi unggulan pertanian dan sumber daya alam dalam satu siklus hulu-hilir secara berkelanjutan berbasis sumber daya lokal,” terangnya.

Disamping juga dalam rangka percepatan kesejahteraan dan kemajuan pemberdayaan masyarakat, salah satu strategi dan pola pemerintah kabupaten badung untuk dapat mengkemas konsep pertanian yang dipadukan dengan sentuhan tekhnologi. Dimana di satu sisi pertanian harus dipertahankan, disisi lain pariwisata harus dikembangkan untuk tidak terjadi kesenjangan.

“Dengan membuat Agro Techno Park di Badung Utara diharapkan menjadi sebuah solusi, baik pertanian yang bersifat tradisional dan juga pertanian yang sudah menggunakan pendekatan tekhnologi. Dimana hasil pertanian itu kita olah menjadi produk olahan, baik dari segi kemasan, pemasarannya sekaligus sebagai pusat penelitian dan pengembangan dari produk-produk dan bibit-bibit pertanian,” paparnya.

Sementara Kepala Balitbang Badung I Wayan Suambara mengungkapkan, kunjungan ini dapat memberikan inspirasi bagi Pemerintah Kabupaten Badung untuk dapat mengadopsi hal yang ada pada Agro Techno Park Cangar, Malang

“Cukup banyak varietas yang ditanam, mereka punya desain, mereka punya laboratorium tentu kita harapkan di Kabupaten Badung dapat menghadopsi hal yang serupa,” paparnya. (tra)