Denpasar Raih Dua Penghargaan Natamukti dari Menkop UKM RI

IB Rai Mantra saat menerima penghargaan Natamukti 2018 dari Menteri Koperasi dan-UKM, AA Puspayoga. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Keberhasilan Pemkot Denpasar dalam meningkatkan daya saing Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), menjadikan ibukota Provinsi Bali ini meraih dua penghargaan Natamukti 2018 dari Menteri Koperasi dan UKM RI.

Sebelumnya, tahun 2017 Pemkot Denpasar juga meraih penghargaan Natamukti untuk kategori Nindya, yakni kota/kabupaten yang mampu meningkatkan daya saing UMKM baik nasional hingga internasional. Dengan diraihnya dua penghargaan ini, Pemkot Denpasar konsisten dan berkesinmabungan meningkatkan UMKM.

Kedua penghargaan itu diterima Wali kota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra langsung dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), AA Gede Ngurah Puspayoga yang didampingi Founder dan Chairman MarkPlus Inc yang sekaligus Chairman International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Hermawan Kartajaya, di Gedung 123, Kawasan Puspitek Serpong, Tanggerang Selatan, Banten, Kamis (15/11/2018).

Dalam arahannya Menkop Puspayoga mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi harus mampu diikuti dengan pemerataan kesejahteraan masyarakat.  Sehingga melalui penghargaan ini diharapkan mampu menjadi motivasi kepala daerah untuk terus berinovasi dalam pengembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Sementara Wali kota Denpasar, IB Rai Mantra mengatakan bahwa perkembangan UMKM tak terlepas dari ruang yang telah diberikan selama ini untuk kemudahan dalam berpromosi. Seperti halnya Denpasar Festival, Sanur Village Festival, hingga mendorong UMKM dalam mengikuti promosi skala nasional hingga internasional.

Disamping itu, Pemerintah Kota Denpasar juga telah memfasilitasi para UMKM lewat sarana dan prasarana, seperti terbentuknya rumah belanja Denpasar, rumah kemasan, hingga inovasi promosi melalui media digital dalam ranah Denpasar Smart City.

Perkembangan tersebut juga ditunjang dengan kemudahan terhadap perijinan, membantu permodalan UMKM melalui kredit usaha rakyat (KUR), serta melaksanakan monitoring dan evaluasi melalui Organisasi Perangkat Daerah Pemkot Denpasar, demikian Rai Mantra. (tra) 

BACA JUGA:  Kapolsek Sebut Peningkatan Keamanan di Bandara Ngurah Rai Tak Ada Kaitan dengan Teror Bom Sukoharjo