Penanganan Lansia Perlu Pendekatan Holistik

Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Gianyar I Wayan Suardana saat menyerahkan bantuan kepada lansia.(foto: yesiariska)

Beritabalionline – Penanganan lanjut usia (lansia) perlu diupayakan  melalui pendekatan  holistic, secara menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan baik pemerintah, masyarakat maupun keluarga  dengan harapan lansia tetap bisa beraktivitas dalam keadaan sehat.

Hal itu disampaikan Asisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Gianyar, I Wayan Suardana  pada pembukaan kegiatan lansia berbasis masyarakat di Wantilan Pura Dalem Tri Eka Cita, Desa Pejeng Kangin, Selasa (13/11/2018).

Suardana mengharapkan  kegiatan ini  dapat memberikan manfaat nyata untuk perbaikan kualitas kehidupan masyarakat khususnya bagi para lansia dan keluarga pemilik lansia. Lebih lanjut Suardana berpesan agar para lansia terus aktif berolahraga agar semakin sehat dan kuat secara jasmani dan rohani serta jadilah penasihat, pembimbing dan panutan bagi keluarga atau generasi penerus.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Koordinator Kegiatan Kesejahteraan Sosial (KKKS) Anak Agung Gede Rai Adnya mewakili yang Ketua KKKS bahwa keluarga yang memiliki lansia agar membina dan memelihara kesehatan lansia.

“Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan manfaat nyata dalam perbaikan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi para lansia,” ucapnya.

Sementara itu, Perbekel Pejeng Kangin I Gede Purnadi Yoga mengaku sangat bangga dengan diadakannya kegiatan lansia berbasis masyarakat di Desa Pejeng Kangin. Melalui kegiatan itu,  ia berharap agar pembinaan terhadap lansia dapat dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan. “Harapannya agar lansia dapat produktif, misal saja dengan pendampingan majejaitan agar para lansia berpenghasilan,” katanya.

Kegiatan lansia berbasis masyarakat juga menampilkan senam lansisa Desa Pejeng Kangin, tari Panyembrama oleh lansia dan tak kalah menarik tari joged dari lansia yang mengundang gelak tawa para undangan.

Kegiatan tersebut juga dirangkai dengan pengukuhan kelembagaan yang ada di Desa Pejeng Kangin dan pemeriksaan mata gratis dan operasi katarak yang bekerjasama dengan John Fawcett Foundation (JFF) serta penyerahan bantuan kepada lansia. (yes)