800 Karya Bung Hatta Diterbitkan dalam 10 Seri Buku

Peluncuran 10 seri buku karya Bung Hatta. (foto ; Liputan6.com)

Beritabalionline.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan peluncuran 10 seri buku dari 800 karya tulis mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Mohammad Hatta. Dalam peluncuran tersebut dihadiri pula keluarga dari Bung Hatta.

Muhadjir menyebut penerbitan buku ini merupakan bentuk usaha untuk merekonstruksi kebebasan gagasan Bung Hatta. Dia menggambarkan bahwa sosok Hatta merupakan anak bangsa yang memiliki pengetahuan sangat lengkap.

“Saya punya pengalaman intelektual sendiri dengan beliau yaitu dalam disertasi saya, kebetulan saya menulis tentang militer ternyata letak dasar profesionalisme Indonesia itu Mohammad Hatta,” kata Muhadjir di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Muhadjir menyebut adanya militer di Indonesia karena pemikiran dari Hatta yang mungkin tidak banyak diketahui oleh umum. Dia juga menyebut bila tak ada sikap dari Hatta saat itu, kemungkinan militer usai kemerdekaan terjadi perang saudara.

“Masing-masing gerombolan dan laskar itu memiliki senjata yang tidak kalah bagusnya dengan tentara republik, bahkan ada laskar yang memiliki senjata yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan yang dimiliki tentara republik waktu itu,” ucapnya.

Sedangkan, putri Bung Hatta, Meutia Hatta mengharapkan penerbitan buku dari karya ayahnya dapat menjadi modal anak-anak bangsa khususnya milenial agar tidak mengabaikan sejarah perjuangan Indonesia.

Selain meneruskan perjuangan perintis kemerdekaan, dia menyebut anak muda saat ini perlu meningkatan saya juang, kapabilitas. Sehingga di era digital kemanusiaan tetap terjaga.

“Sehingga dalam era yang serba digital dan disrupsi, kemanusiaan tetap terjaga. Dan pembangunan tetap dalam garis membangun manusia seutuhnya sesuai pancasila,” jelasnya. *itn