Wagub Cok Ace Harapkan ABMEC Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Mata Masyarakat Bali

Rumah Sakit Mata Bali Mandara, Pemerintah Provinsi Bali. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati berharap keberadaan paviliun Australia Bali Memorial Eye Centre (ABMEC) di Rumah Sakit Mata Bali Mandara, sebagai salah satu upaya meningkatkan pelayanan kesehatan khususnya di bidang mata kepada masyarakat Bali.

Harapan itu disampaikan Wagub Bali yang akrab disapa Cok Ace saat meresmikan paviliun Australia Bali Memorial Eye Centre (ABMEC) di Rumah Sakit Mata Bali Mandara, Denpasar, Senin (12/11/2018).

“Peningkatan pelayanan ini, selain bertujuan memberikan yang terbaik untuk masyarakat, juga sangat selaras dengan visi misi kami, yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali yaitu keseimbangan,” kata Cok Ace yang juga Ketua BPD PHRI Bali.

Menurut dia, kesehatan bisa terwujud jika ada keseimbangan dalam diri dan lingkungan, baik upaya untuk hidup sehat maupun upaya pemerintah dalam menyediakan infrastruktur layanan kesehatan.

Untuk itu, imbuhnya, ke depan diharapkan masyarakat Pulau Dewata dapat memanfaatkan layanan ABMEC ini dengan baik sehingga tingkat dan kualitas kesehatan masyarakat Bali dapat terjaga dengan baik.

Sementara itu, Direktur RS Mata Bali Mandara dr Made Yuniti mengatakan bahwa dulu rumah sakit tersebut dibangun dari bantuan hibah Pemerintah Australia, maka paviliun tersebut dinamai ABMEC yang diperuntukkan bagi para ekspatriat dan kelompok masyarakat yang menginginkan pelayanan berkelas dan modern.

RS Mata Bali Mandara memiliki infrastruktur yang memadai, dilengkapi peralatan canggih di bidang mata terutama teknologi Laser. Saat ini RS mata memiliki koleksi laser yang lengkap, seperti LASIK, untuk koreksi kelainan refreaksi sehingga tidak perlu lagi memakai kaca mata.

Selain juga dilengkapi Yag Laser yang berfungsi khusus untuk penanganan kasus Glaukoma dan After Katarak, juga Argon Laser untuk penanganan retina akibat penyakit kencing manis dan tekanan darah tinggi, serta penunjang lainnya seperti USG, Photo Fundus, Perkmetry, NCT dan lainnya dengan teknologi paling mutakhir.

BACA JUGA:  Salah Input Data, Pemprov Bali Tak Cairkan Bantuan Stimulus Usaha 2 Calon Penerima

Untuk itu, ia berharap pelayanan RS Mata Bali Mandara ke depannya dapat memberikan hasil yang terbaik dan maksimal untuk masyarakat. ” Dengan fasilitas dan kelengkapan sarana serta prasarana yang dimiliki diharapkan masyarakat tidak perlu lagi berobat mata ke luar negeri. (agw)