Kerja sama Ekonomi dan Budaya Hungaria-Bali Terus Membaik

Gubernur Bali Wayan Koster saat menerima audiensi Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Pach. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Akhir-akhir ini hubungan Hungaria dengan Bali terus membaik dan mengalami peningkatan. Selain seringnya pejabat pemerintah Hungaria datang ke Bali untuk menghadiri acara internasional, kunjungan wisatawan asal Hungaria pun terus meningkat ke daerah ini dalam kurun 2-3 tahun terakhir.

Awalnya kunjungan wisatawan Hungaria ke Pulau Dewata sekitar 5 ribu orang, namkun kini jumlah tersebut mengalami peningkatan menjadi 10 ribu orang. Peningkatan jumlah kunjungan ini pun menjadi dasar kedatangan Duta Besar Hungaria untuk Indonesia Judit Pach ke Pemprov Bali, Jumat (9/11/2018).

Menurut Pach, hubungan perdagangan kedua negara telah meningkat sampai enam kali lipat. Bahkan beberapa kerjasama ekonomi dan budaya sudah berlangsung di Bali. Diantaranya kerjasama di bidang platform digital dan teknologi penunjang pariwisata dan pertanian.

Pihaknya berharap bisa terlibat pula ke dalam kerjasama di bidang infrastruktur penunjang pariwisata di Bali.

“Kami juga bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan Indonesia dan Bali ke Hungaria,” kata Pach saat beraudiensi dengan Gubernur Bali Wayan Koster.

Kerjasama itu menurut dia antara lain dilakukan dengan membuat event dengan blogger dan pembuat film dokumenter. “Salah satunya tentang suku Bali Aga.

Gubernur Bali Wayan Koster yang menerima kedatangan Dubes Pach menyambut baik ketertarikan pihak-pihak yang ingin bekerja sama dengan Pemprov Bali. Menurutnya, penataan ke dalam termasuk di bidang pariwisata saat ini menjadi prioritas dalam pemerintahannya.

Koster juga tak menampik bahwa untuk mengatasi persoalan di Bali, diperlukan pembangunan infrastruktur yang terintegrasi. Namun ia mengaku akan berhati-hati dalam melakukan penataan ini.

“Jadi jika ada yang mau investasi di Bali silakan saja, asal tidak melanggar nilai-nilai budaya kami, maka dengan senang hati akan kami terima. Ini akan kami petakan dalam satu aturan tata ruang sehingga terarah,” demikian Gubernur Wayan Koster. (tra)

BACA JUGA:  Gubernur Bali Ajak Perbankan Majukan UMKM Berbasis Kearifan Lokal