Untuk Kali Pertama Bali Jadi Tuan Rumah Gita Jayanti Tingkat Nasional

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberi sambutan pada acara Gita jayanti Nasional 2017 di Gedung Sapta Pesona Kementerian Parisiwata, Jakarta. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan “Gita Jayanti Nasional 2018” yang akan diselenggarakan di Pulau Dewata pada 16 Desember mendatang.

“Kami mengapresiasi dan mendorong penuh terlaksananya kegiatan Gita Jayanti Nasional 2018. Apalagi generasi milenial saat ini, yang lebih cenderung tertarik dengan dunia teknologi informasi, maka perlu diselipkan dengan pengetahuan kitab suci Bhagavad-gita sehingga setidaknya mengetahui tentang kitab tersebut,” kata Wagub Bali yang akrab dipanggi Cok Ace itu saat menerima audiensi panitia Gita Jayanti Nasional, di Denpasar, Jumat.

Menurut dia, menjadi lebih baik lagi apabila generasi muda dapat mengimplementasikan intisari dari kitab suci Bhagavad-gita dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, dengan momentum pertama kalinya Gita Jayanti diselenggarakan di Bali, Cok Ace berharap dapat membangun persatuan, meningkatkan etos kerja, menciptakan perdamaian dan kesejahteraan menuju kejayaan NKRI berdasarkan nilai-nilai universal dari Bhagavad-gita.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Gita Jayanti Nasional 2018 I Made Gede Yagustana mengatakan Hari Pewahyuan Bhagawad-gita yang dikenal sebagai Gita Jayanti diperingati setiap tahun oleh jutaan orang diseluruh dunia pada hari ke-11 saat Sukla Paksha (bulan mati menuju purnama) pada bulan Margashirsh yang juga merupakan Hari Ekakasi.

Sejalan dengan hal tersebut, maka pihaknya yang merupakan perkumpulan “International Society for Krishna Consciousness (ISKCON)” selain terus-menerus menyosialisasikan pustaka suci Bhagavad Gita, juga akan menyelenggarakan Gita Jayanti ke-3 pada tanggal 16 Desember 2018, yang rencananya akan mengundang Bapak Presiden RI untuk mengikuti beberapa rangkaian acara seperti Gita Yoga massal.

BACA JUGA:  Warga Denpasar yang Langgar Protokol Kesehatan akan Didenda Rp50.000-Rp100.000

Kegiatan Gita Jayanti Nasional 2018 akan dirangkaikan dengan beberapa kegiatan seperti Gita Edukasi yang terdiri dari seminar, gita champion yang merupakan kegiatan lomba menghafal sloka, dharma wacana dan lomba palawakya tingkat SD, SMP, SMA dan mahasiswa.

Untuk itu, ia berharap Pemerintah Provinsi Bali turut membantu dalam mewujudkan acara tersebut. Terutama dalam menyosialisasikan kepada sekolah-sekolah bahwa akan diadakan gita champion, sehingga seluruh masyarakat Bali bisa ikut bergabung dalam acara tersebut. (tra)