Diduga Kampanye Depan Anak-anak, Prabowo Subianto Dilaporkan ke Bawaslu

Prabowo Subianto deklarasi Gerakan Emas. (foto : Merdeka.com)

Beritabalionline.com – Partai Solidaritas Indonesia melaporkan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait adanya dugaan pelanggaran kampanye terhadap calon presiden 02 – Prabowo Subianto.

Anggota Lembaga Bantuan Hukum PSI, Jangkar Solidaritas (Jaringan Advokasi Rakyat Partai Solidaritas Indonesia), Manotar Tampubolon menjelaskan pelanggaran tersebut dilakukan saat Prabowo membuka Gerakan Emas atau gerakan emak-emak dan anak-anak minum susu, di Stadion klender, Jakarta Timur.

“Pada intinya diduga menjanjikan sesuatu diduga melibatkan anak-anak di bawah umur karena tema kegiatan itu gerakan emas minum susu. Minum susu kan pasti anak-anak,” kata Manotar usai melaporkan hal tersebut di kantor Bawaslu, Jakarta Pusat, Selasa (30/10/2018), dilansir Merdeka.com.

Dia menjelaskan tindakan Prabowo bisa dijerat pidana. Karena itu dia meminta kepada Bawaslu agar menerima laporan tersebut dan memberikan sanksi sesuai UU Pemilu dan aturan yang berlaku. Tidak hanya Prabowo yang diduga melakukan pelanggaran kampanye, Manotar menyebutkan Sandiaga Uno pun turut terlibat di dalamnya.

“Yang kami laporkan yang kami duga ikut dalam acara itu yang pertama, Prabowo Subianto, Sandiaga uno, Adi Kurnia Setiadi, Nur Asia Uno, Hashim Djojohadikusumo dan ada kemungkinan pihak lain terlibat di situ karena merupakan tim kampanye. Itu yang kami laporkan,” papar Manotar.

Dalam laporan tersebut pihaknya juga memberikan bukti delapan video, serta dua saksi yang menyaksikan adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Prabowo. Dalam video tersebut, kata Manotar menjelaskan bahwa pasangan nomor 2 tersebut menjanjikan kepada anak-anak untuk meneruskan gerakan emas.

“Di sini ada cuplikan atau sebagian di sini ada janji apabila terpilih maka akan melaksanakan gerakan emas itu adalah sebuah janji itu adalah pelanggaran dalam UU Pemilu. Yang kedua melibatkan anak-anak kecil untuk kegiatan politik karena di sana jelas disebutkan di sana,” kata Manotar.

BACA JUGA:  Bocah Berusia 5 Tahun Tewas Setelah Jatuh dari Dalam Sumur Sedalam 15 Meter

Diketahui Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto membuka Gerakan Emas atau gerakan emak-emak dan anak-anak minum susu, di Stadion klender, Jakarta Timur. Dalam sambutannya, Prabowo menyampaikan visinya untuk memberikan susu murah apabila ia terpilih menjadi presiden.

Prabowo mengungkapkan cita-cita lamanya menerapkan revolusi putih. Ia menyampaikan agar anak-anak Indonesia lebih pintar dan kuat dengan susu. “Anak harus minum susu setiap hari, enggak boleh satu ya? Dua? Ya anak-anak (harus minum susu),” katanya.

Prabowo sudah berpidato sekitar 10 menit. Tak lama adiknya Hasyim Djojohadikusumo membisikkan sesuatu dan membuat Prabowo menghentikan pidatonya.

“Saya kira cukup, saya mungkin tadi kecepelosan tetapi itu cita-cita saya,” tandasnya.

Diketahui, berdasar Pasal 15 dan Pasal 76 H Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, di sana secara eksplisit melarang pelibatan anak dalam aktivitas politik. (itn)