Peringati Hari Sumpah Pemuda, Generasi Muda Diminta Ikut Memerangi Berita Hoaks

Apel peringatan Hari Sumpah Pemuda Pemkot Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Denpasar menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun 2018 di Lapangan Puputan Gusti Ngurah Made Agung Senin (29/10/2018) yang melibatkan para pemuda dan pemudi berpakaian adat daerah Nusantara.

Dalam kesempatan tersebut hadir Wakil Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara sebagai pembina upacara, dan jajaran OPD di lingkungan Pemkot Denpasar dan para siswa-siswi se-Kota Denpasar.

Menteri Pemuda dan Olahraga Nahrawi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Walikota Jaya Negara menyatakan bahwa Hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema ‘’Bangun Pemuda Satukan Indonesia ‘’ dengan tujuan persatuan Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau, di satu sisi, memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, sedangkan di sisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif.

Dengan perkembangan teknologi informasi, informasi-informasi yang bersifat destruktif tak bisa dibendung, mulai dari hoaks, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya.

“Aapabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara, maka ini akan sangat berbahaya,” ujarnya.

Pada bagian lain Menpora juga mengatakan bahwa pemudah-pemuda hebat Indonesia telah  lahir dan mampu berkompetensi di kancah Asia. Buktinya, dalam perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan dengan menduduki peringkat ke-4, serta di ajang Asian Para Games 2018 Indonesia berhasil menduduki peringkat ke-5.

“Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia. Sehingga harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi di berbagai bidang,” demikian Menpora.  (tra)

BACA JUGA:  TNI dan Polri Dorong Masyarakat Gunakan Hak Pilih pada Pemilu 2019