Peringati Sumpah Pemuda, Kemenpora Beri Penghargaan Anak Muda Berprestasi dari Berbagai Daerah

Anak muda berprestasi terima penghargaan dari Kemenpora. (foto : merdeka.com).

Beritabalionline.com – Saat pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2018, Minggu (28/10/2018), Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan penghargaan kepada 36 pemuda dari berbagai daerah di Indonesia. Para pemuda ini dinilai telah menginspirasi dan terus bangkitkan semangat ‘bangun pemuda, satukan Indonesia’.

“Di samping upacara, Kementerian Pemuda dan Olahraga memberikan apresiasi atas berbagai prestasi yang ditorehkan oleh anak-anak muda kreatif, inovatif, dengan aspek kepemimpinannya, aspek kepeloporannya, aspek kewirausahaannya, dan juga aspek kesukarelawanannya, dengan mekanisme seleksi secara berjenjang dari daerah kemudian dari provinsi, sampai ke pusat, mutiara-mutiara terpendam itu kita gali, dan kemudian kita berikan apresiasi serta kita kabarkan agar itu menjadi inspirasi bagi anak-anak muda Indonesia,” kata Deputi Pengembangan Pemuda, Asrorun Ni’am Sholeh usai upacara.

Adapun bentuk apresiasi berwujud uang pembinaan, bagi Pemuda Pelopor masing-masing bidang untuk Juara I sebesar Rp 20 juta, Juara II Rp 15 juta, dan Juara III Rp 10 juta. Untuk Kelompok Wirausaha Muda Pemula, masing-masing bidang mendapatkan Rp 30 juta bagi Juara I, Rp 20 juta Juara II, dan Rp 15 juta Juara III.

Sedangkan untuk Penggerak Wirausaha, Juara I Rp 50 juta, Juara II Rp 30 juta, dan Juara III Rp 20 juta. Adapun untuk yang non seleksi dari Pemuda Berprestasi Tingkat Internasional dan Pemuda Difabel, terdiri 6 orang, masing-masing diberikan Rp 15 juta.

Salah satu Pemuda Pelopor Bidang Agama, Sosial, dan Budaya, dari Provinsi Sumatera Barat, Harfa Sakri merasa senang mendapatkan penghargaan dari pemerintah. Ia berharap apa yang dilakukannya sekarang dapat memberikan virus-virus kepada pemuda-pemuda lain agar menjadi generasi penerus dapat mewujudkan karya yang lebih baik.

“Bagi saya sebagai pemuda harus melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang sekitar, terutama kita harus menyelamatkan generasi muda dari pemanfaatan teknologi yang diarahkan ke hal negatif,” katanya. (itn)