Maestro Sastra dan Siswa di Bali Berkolaborasi Peringati Hari Sumpah Pemuda

Ilustrasi.

Beritabalionline.com – Sejumlah maestro di bidang sastra dan ratusan siswa di Pulau Dewata akan berkolaborasi memeriahkan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2018, dengan kegiatan bertajuk “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” bertempat di Taman Budaya, Art Center, Denpasar.

“Melalui momentum Peringatan 90 Tahun Sumpah Pemuda ini, kami ingin kembali membangkitkan rasa persatuan, kesatuan dan nasionalisme generasi muda, sebagai generasi penerus bangsa,” kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Dewa Putu Beratha di Denpasar, Jumat (26/10/2018).

Penampilan karya seni sastra secara spektakuler berbingkai “Merah Putih Sastra” itu, ujar Dewa Beratha, juga sangat relevan dengan isi Sumpah Pemuda yang menjunjung bahasa persatuan, Bahasa Indonesia.

“Kami melihat semangat nasionalisme generasi muda di tengah era global ini sudah semakin menipis. Dulu saat Sumpah Pemuda, betapa generasi muda memperjuangkan persatuan dan kesatuan bangsa, di tengah kondisi serba terbatas. Kini, anak-anak muda sekarang dengan kondisi serba tersedia, seharusnya mampu lebih dari itu,” ucapnya didampingi Kabid Kesenian dan Tenaga Kebudayaan Disbud Bali Ni Wayan Sulastriani.

Dewa Beratha menambahkan, kegiatan yang melibatkan sekitar 800 peserta tersebut, juga merupakan ide dari Gubernur Bali Wayan Koster sebagai salah satu upaya untuk menguatkan karakter para pemuda Bali, sekaligus agar bisa lebih mencintai karya sastra. (tra)