Pembawa Kabur Anak Dibawah Umur Terancam Pidana 15 Tahun Penjara

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo. (foto : Agung Widodo/beritabalionline.com)
Beritabalionline.com – Meski lolos dari amuk massa di Jalan Pulau Saelus, Denpasar Selatan, Hasan Alhadad alias Acan (33) tidak bisa lepas dari jerat hukum setelah membawa pergi anak di bawah umur berinisial AASSDL (17) tanpa ijin dari orang tuanya.
Polisi menjerat tersangka dengan Pasal 76 f yo 83 uu no 35 tahun 2014 perubahan atas uu 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dan 332 KUHP dengan ancaman pidana minimal 3 tahun dan maksimal 15 tahun penjara.
“Tersangka mengaku baru kali ini mengajak korban pergi dan sebelumnya hanya memberi uang 5.000 ribu rupiah. Karena pernah diberi uang, korban langsung ikut ketika diajak oleh tersangka,” kata Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Hadi Purnomo dalam jumpa pers di Mapolresta Denpasar, Rabu (24/10/2018).
Untuk motif, Kombes Hadi menyatakan tersangka kerap plin-plan saat menjalani pemeriksaan. Namun demikian terangnya, Pasal yang disangkakan terhadap tersangka sudah memenuhi unsur-unsur perbuatan yang dilakukan.
“Pengakuan yang bersangkutan, ia mengajak korban pergi hanya untuk membeli bakso. Kita masih periksa karena tersangka plin-plan saat memberikan keterangan. Tapi unsur-unsur sesuai dengan pasal yang disangkakan sudah terpenuhi, seperti membawa pergi anak di bawah umur tanpa seijin orang tuanya,” jelasnya.
Terhadap korban yang diketahui berkebutuhan khusus ini, Hadi menyebut unit Pelayanan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polresta Denpasar akan melakukan pemeriksaan secara medis guna mengetahui apakah korban mengalami trauma.
Sementara saat berada di Mapolresta Denpasar, tersangka Acan terlihat tanpa beban. Beberapa pertanyaan dari wartawan dijawab dengan lancar oleh tersangka yang kos di Jalan Kerta Dalem Sari IV nomor. 19 Sidakarya, Denpasar Selatan ini.
“Saya di Bali sejak tahun 98, tapi bolak-balik, pernah pulang kampung dan kembali lagi. Sehari-hari saya menjadi pengepul barang-barang antik,” ucap tersangka yang mengaku masih membujang ini. (agw)
BACA JUGA:  Simpan Sabu dan Ekstasi, Sejoli ini Dituntut 13 Tahun Penjara