Indonesia-Norwegia akan Gelar Dialog HAM Ke-13 di Bali

Demo Pelanggaran HAM. (foto : merdeka.com)

Beritabalionline.com –¬†Indonesia dan Norwegia akan mengadakan pertemuan Komisi Bersama Kerjasama Bilateral (Joint Commission for Bilateral Cooperation/JCBC) keempat dan Dialog HAM ke-13 di Bali pada 28 Oktober mendatang.

Pertemuan yang sebelumnya diadakan di Oslo pada Juni 2017, akan dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Norwegia Borge Brende.

Pada pertemuan JCBC mendatang menlu akan membahas mengenai isu lingkungan hidup, pembaharuan kerjasama, kelautan dan perikanan, pendidikan, kerjasama triangular dan isu ekonomi.

Salah satu hal penting dalam pertemuan tersebut adalah pembahasan mengenai Indonesia EFTA-CEPA (European Free Trade Association – Comprehensive Economic Partnership).

“Keberhasilan pertemuan tersebut nantinya dapat membuka akses pasar yang lebih luas, tidak hanya antara Indonesia dan Norwegia, tetapi juga di negara-negara anggota EFTA,” ungkap juru bicara Menteri Luar Negeri Armanatha Nasir di Kementerian Luar Negeri Indonesia, di Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Sebelumnya tercatat hasil penjualan berupa pakaian, furnitur, alas kaki, kopi, teh, dan coklat dari Indonesia di Norwegia mencapai USD 351,6 juta dolar atau sekitar Rp 5,3 triliun, dan jumlah wisatawan Norwegia yang berkunjung ke Indonesia mencapai 22 ribu orang pada tahun 2017.

Selain itu, pertemuan Dialog HAM ke-13 akan membahas mengenai isu anak, demokrasi dan toleransi.

Program Dialog HAM antara Indonesia dan Norwegia diadakan setiap tahun secara reguler sejak 2002. (itn)

BACA JUGA:  Buntut Kasus Meninggalnya Bayi Di Tempat Penitipan Anak: Tidak Kantongi Izin Lengkap TPA Princess House Childcare Akhirnya Ditutup.