Kuliner Khas Buleleng Raih Juara Favorit Kreatif Lomba Pangan Nasional

Tim PKK Lokapaksa, Kabupaten Buleleng mewakili Provinsi Bali dalam Lomba Pangan Tingkat Nasional. (foto : ist)

Beritabalionline.com – PKK Desa Lokpaksa, Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, meraih juara favorit kreatif dalam Lomba Cipta Menu (LCM) Olahan Pangan Non Beras Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, 18-21 Oktober lalu.

“Mewakili Provinsi Bali dalam lomba untuk menyambut Hari Pangan Sedunia 2018 itu, PKK Lokapaksa meraih juara favorit kreatif dengan menyajikan menu pesor talas dan lontong ubi talas,” kata Wakil Bupati Buleleng Nyoman Sutjidra dalam keterangan pers Humas Pemkab Buleleng, di Singaraja, Rabu (24/10/2018).

Sutjidra yang sempat menghadiri lomba di Banjarbaru itu mengatakan dengan diperolehnya juara favorit kreatif itu menunjukkan bahwa variasi dari panganan lokal di Buleleng bisa diperhitungkan di tingkat nasional.

Untuk itu, ia juga mengharapkan ada banyak lagi pengembangan olahan pangan non beras yang nantinya dapat menggantikan olahan pangan berbahan utama beras di Buleleng.

“Saya juga berharap agar bisa membuat kreasi-kreasi dari panganan non beras ini yang dihasilkan dari masing-masing desa, sehingga nantinya pangan non beras ini dapat menjadi bahan makanan utama, terutama di desa-desa yang sawah basahnya sedikit,” katanya.

Menurut dia, penghargaan sebagai juara favorit kreatif untuk Provinsi Bali diserahkan langsung oleh Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI Agung Hendriadi di Kompleks Perkantoran Gubernur Kalsel.

Dalam lomba yang juga dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Putri Suastini Koster didampingi oleh Ayu Wardhany Sutjidra selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Buleleng, juru olah pangan dari Buleleng, Wayan Budi Darmiasih dan Gusti Ayu Parniti, menyajikan menu andalan olahan pangan non beras yaitu Pesor Talas Ubi Ungu, Lontong Ubi Talas, dan Moran Ubialas.

BACA JUGA:  Diduga Bunuh Diri, Jenazah WNA Kanada Ditemukan di Bawah Jembatan Sangeh

Masing-masing menu dipersiapkan untuk sajian makan pagi, siang, dan malam. Selain menu utama tersebut, disajikan pula menu pendamping antara lain urab gecang, sambal cicang, timbungan cekalan, plecing kables, sate tahu udang, dan sayur kelor. (itn)