Kabupaten Tabanan-Argentina Jajagi Kerja Sama Pemanfaatan Bambu dan Pariwisata Pertanian

Bupati Eka (baju hitam) saat menerima kunjungan Duta Besar Indonesia untuk Argentina. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali kini tengah menjajagi kerja sama dengan Pemerintah Argentina  di bidang pengolahan dan pemanfaatan bambu serta pariwisata pertanian.
Hal itu disampaikan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk  Argentina Niniek Kun Naryatie di ruang kerjanya, Selasa (23/10/2018).
“Kami sangat welcome dan sekaligus bangga serta bersyukur kebagian rezeki bisa kerja sama dengan Pemerintah Argentina. Ini sangat penting, karena namanya membangun itu harus banyak sharing, sharing pengalaman, sharing kesuksesan, dan sharing semuanya yang disesuaikan dengan potensi yang dimiliki kedua belah pihak, “ terang Bupati Eka.
Dikatakan, Tabanan tidak hanya potensi di bidang pertanian, tapi juga punya hutan lindung bambu dengan produksi bambu cukup banyak, termasuk juga penghasil olah makanan dari embung bambu. Selain mengembangkan sektor pariwisata pertanian.
Terkait dengan rencana kerja sama tersebut, lanjut Bupati Eka, pertemuan itu akan segera ditindaklanjuti dengan penandatanganan kerja sama kesepahaman atau MoU.  “Tabanan ini yang kota kecil, diharapkan bisa memberikan kontribusi  terhadap negara untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khsususnya di bidang pertanian dalam arti luas,” paparnya.
Sementara itu Duta Besar RI  untuk Argentina, Niniek Kun Naryatie menyampaikan maksud kedatangannya bertemu bupati Tabanan adalah untuk menjalin kerja sama dalam pengolahan dan pemanfaatan bambu.
“Saya dengar Kabupaten Tabanan punya suatu keunikan dan kekhasan  yang tidak dimiliki daerah lain, yaitu hutan lindung bambu dengan produksi bambu yang cukup besar. Untuk itu, kami kedua belah pihak sepakat bagaimana mengembangkan dan memanfaatkan potensi yang ada ini secara maksimal,” ujarnya.
Selanjutnya dikatakan, Argentina juga punya potensi bambu yang cukup besar. Namun, potensi yang ada itu saat ini belum dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal oleh Pemerintah Argentina.
“Argentina mempunyai banyak bambu, tapi belum bisa dimanfaatkan  secara maksimal seperti yang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Tabanan, dimana bambu bisa digunakan untuk berbagai kepentingan seperti kerajinan tangan, produk rumah tangga, bahkan membuat rumah dan restoran,” ungkapnya. (tra)