PHRI Denpasar Ingin Garap Hutan Pinus di Karangasem

Bupati IGA Mas Sumatri saat menerima audiensi Ketua PHRI Denpasar.(foto:ist)

Beritabalionline.com – PHRI Kota Denpasar ingin memanfaatkan hutan pinus di Karangasem sebagai bagian dari pariwisata yang diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi peningkatan PAD. Selain itu juga getah pinus bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan kosmetika dan obat-obatan yang sekaligus bisa membuka lapangan pekerjaan.

Hal tersebut disampaikan Ketua PHRI Denpasar Ida Bagus Gde Sidharta saat audiensi dengan Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri, baru-baru ini. Saat itu Bupati Mas Sumatri didampingi  Kepala Dinas Pariwisata, Wayan Astika, Kepala Dinas Pertanian, Wayan Supandhi, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Laba Erawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Nyoman Tari serta Kabag Humas dan Protokol Setda Kab. Karangasem.

Sidarta mengatakan di Karangasem terdapat hutan pinus seluas 20 hektare dari total 50 hektare yang ada di Bali.  Karena keberadaannya yang kurang terperhatikan selama ini, PHRI  Denpasar akan mencoba mengembangkan dengan memanfaatkan getahnya sebagai obat-obatan dan juga bisa digunakan sebagai kecantikan.

“Saya  ingin memanfaatkan getah pohon  pinus yang ada di Karangasem, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” ujar praktisi pariwisata yang akrab disapa Gus De Sidharta ini.

Di tengah-tengah pemanfaatkan getah pinus tersebut, pihaknya juga berencana akan memasukkan pariwisata di dalamnya. Kegiatan ini akan memberikan distribusi bagi pemerintah daerah khususnya di Kabupaten Karangasem dalam penambahan APBD.

Bupati Mas Sumatri secara pribadi sangat berharap dan siap mendukung kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat tersebut. “Berkaitan dengan usaha yang nantinya mampu menambah kesejahteraan masyarakat, kami dari pemerintah kabupaten pasti akan mendukung penuh,” ujarnya Bupati Sumatri.

Bupati Sumatri berjanji akan menindaklanjuti kegiatan ini dengan mekanisme aturan yang berlaku, supaya tidak ada yang dijerumuskan. “Program ini pasti akan dipelajari, karena Kabupaten Karangasem ingin maju dalam segala bidang utamanya pariwisata dan perekonomian,” ujarnya.( jab)

BACA JUGA:  60 Kandidat Ramaikan Bursa Pilkel Serentak di Denpasar