Mendag Sebut Kinerja Ekspor Indonesia Terus Meningkat

Enggartiasto Lukita

Beritabalionline.com Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengklaim kinerja ekspor Indonesia terus meningkat. Pada tahun 2017, ekspor Indonesia naik jadi 168,7 miliar dollar AS dibandingkan di 2016 lalu yang tercatat sebesar 145,1 miliar dollar AS. Dia pun optimis kinerja ekspor di 2018 ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

“Kenaikan di 2017 itu mencapai 16 persen, tapi untuk 2017 ke 2018 target kita internal adalah 11 persen. Walaupun oleh Pak Menko (Darmin Nasution) dikatakan sebenarnya cukup dengan 6,8 persen tapi sampai dengan saat ini baru mencapai 9,81 persen di tengah situasi penuh ketidakpastian,” ujar Enggar dalam konfrensi pers 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla, di Jakarta, Selasa (23/10/2018).

Enggar menambahkan, hingga September 2018 angka ekspor Indonesia tercatat sebesar 134,9 miliar dollar AS. Capaian ini lebih besar ketimbang periode yang sama pada tahun lalu, yakni 123,3 miliar dollar AS. Dia pun meyakini angka itu bisa lebih besar lagi. Untuk menggenjot nilai ekspor Indonesia, Enggar mengaku akan membuka pasar-pasar baru.

“Dengan pasar lama perjanjian perdagangan baru juga kita lakukan. Kita menandatangani tiga sebenarnya, yaitu dengan Palestina, Chile, Australia,” kata Enggar.

Mengenai perjanjian dagang dengan Australia, lanjut Enggar, saat ini tinggal tahap finalisasi. “Australia secara substansi sudah selesai hanya menunggu waktu, tinggal tunggu kebijakan Kementerian Luar Negeri,” ucap dia. (yza)