Korupsi Belasan Miliar, Kepala LPD Kapal Non-aktif Dicokok Polisi

Tersangka saat diamankan di Mapolda Bali. (foto : agw)

Beritabalionline.com – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Bali mengamankan kepala Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Kapal non aktif, I Made Ladra (53) karena terlibat kasus korupsi hingga menyebabkan kerugian LPD Kapal sebesar Rp15 miliar lebih.

“Modus yang dilakukan tersangka yakni menggunakan dana nasabah, menggelapkan aset LPD, melunasi pinjaman keluarganya dengan menggunakan dana LPD, serta membuat laopran sistem keuangan LPD palsu,” kata Wakil Direktur Ditreskrimsus Polda Bali AKBP Ruddi Setiawan dalam keterangan pers di Mapolda Bali, Selasa (23/10/2018).

Kasus ini mencuat setelah sekitar 500 nasabah yang menyimpan uang di LPD Kapal tidak bisa menarik dana sejak tahun 2017. Karena kesal, mereka kemudian melaporkan kasus ini ke Polda Bali. Setelah tiga kali mangkir saat dipanggil untuk dimintai keterangan, pria yang menjadi kepala LPD Kapal sejak 20 tahun lalu ini akhirnya ditangkap di rumahnya di seputaran Banjar Tegalsaat, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Senin (22/10/2018).

Wadir Reskrimsus menerangkan, lamanya proses penyelidikan lantaran banyak saksi yang harus dimintai keterangan serta menghadirkan saksi ahli untuk melengkapi berkas perkara. Selain menangkap tersangka, petugas juga mengamankan sebanyak 129 dokumen berupa transaksi LPD Kapal, sertifikat tanah milik tersangka, serta barang bukti lain.

“Oleh tersangka hasil korupsi digunakan untuk membeli tanah, kos-kosan, bangunan, sawah, ruko dan lain-lain. Aset milik tersangka yang kita amankan senilai kurang lebih Rp7 miliar,” beber AKBP Ruddi.

Polisi tidak menampik jika tersangka melakukan aksinya tidak sendirian dan ada pihak-pihak lain yang turut terlibat. Untuk hal ini, penyidik kepolisian mengaku masih melakukan pengembangan.

“Saat ini tersangka kita tahan di Polda Bali hingga 20 hari ke depan sebelum kita limpahkan kasusnya ke kejaksaan,” kata AKBP Ruddi yang tak lama lagi menjabat sebagai Kapolresta Denpasar ini. *agw

BACA JUGA:  Gadaikan BPKB Mobil Tanpa Izin Pemiliknya, Wanita Cantik Ini Divonis 45 Hari