Bantuan Kemensos ‘Menguap’

 

Made Watha

Kadissos Keluhkan Perbekel Lambat  Ajukan Proposal

Beritabalionline.com – Kepala Dinas Sosial Kabupaten Gianyar, Made Watha mengeluhkan adanya beberapa perbekel yang lambat merespon surat-surat dari Dinas Sosial. Padahal sebagian besar surat-surat yang diajukan ke desa/kelurahan oleh Dinas Sosial bertujuan untuk membantu warga, khususnya warga yang tidak mampu.

“Ada perbekel yang kurang aktif saat mendata warga untuk membuat kelompok guna mendapat bantuan dari pusat, sehingga bantuan tak sampai. Bahkan sering menjadi persoalan adalah, perbekel yang kurang aktif ini justru bertanya, kenapa bantuan pemerintah pusat tidak turun ke desanya,” Kata Made Watha, Senin (22/10/2018).

“Padahal surat permintaan dari Dissos sudah turun, pemberitahuan ke Camat juga sudah, namun beberapa ada yang responnya lambat,” jelas Made Watha. Walau demikian, banyak perbekel/lurah yang selalu proaktif, sehingga bantuan dari Kementerian Sosial didapatkannya.

Lebih lanjut dituturkan, bantuan terakhir dengan Program Bantuan Kearifan Lokal, Kementerian Sosial, Kabupaten Gianyar hanya mendapat Rp 50 juta saja. Inipun yang mendapatkan adalah Sanggar Suara Murti, Banjar Abian Base Kelod Kauh. Dimana bantuan itu menurutnya digunakan untuk mengembangkan kearifan lokal, dimana sanggar ini bergerak di bidang seni.

“Sebelumnya, surat diajukan ke seluruh perbekel/lurah. Responnya lambat, sehingga satu proposal saja yang kami ajukan ke pusat dan langsung disetujui,” terangnya. Di sisi lain, Watha sendiri menyebutkan Kemensos berharap proposal yang dibawa lebih banyak lagi.

Ke depan, di Tahun 2019, Dinas Sosial Gianyar kembali mengajukan proposal Bantuan Kearifan Lokal ke Kemensos RI. Bahkan menurutnya, surat yang dikirimkan ke perbekel sudah disertai contoh proposal, sehingga lebih gampang membuatnya.

Dinas Sosial Gianyar juga selalu selektif dalam mengajukan proposal, terutama usulan untuk warga yang tidak mampu dan untuk pemberdayaan keluarga. yes

BACA JUGA:  Alami Lakalantas, Bule Wanita Tak Sadarkan Diri