BPBD Kota Denpasar Gencar Sosialisasikan Mitigasi Bencana

Pelaksanaan sosialisasi mitigasi bencana oleh BPBD Kota Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemkot Denpasar melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) secara berkesinambungan menggelar sosialisasi mitigasi bencana. Kegiatan yang menyasar seluruh masyarakat, mulai dari lapisan terbawah, menengah sampai atas.

Hal ini dilaksanakan guna memberikan edukasi tentang kebencanaan bagi masyarakat, mengingat  bencana alam bisa datang kapan saja, sehingga masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil langkah tepat jika nantinya terjadi bencana sehingga dapat meminimalisir potensi resiko.

Hal itu dikatakan Kepala BPBD Kota Denpasar, IB Joni Ariwibawa didampingi Sekretaris BPBD Kota Denpasar, Rhicardus Ardhi Ganggas, sebagaimana rilis yang disiarkan Humas Pemkot Denpasar pada Senin (22/10/2018).

Joni mengatakan, sebagai ibu kota Provinsi Bali,  Denpasar memiliki tingkat mobilitas masyarakat yang tinggi dengan beragam aktivitas. Sebagai salah satu daerah yang dekat dengan zona cincin api, tentu kemampuan mitigasi bencana harus terus disosialisasikan dengan maksimal.

Sosialisasi mitigasi bencana di kalangan pelajar oleh BPBD Kota Denpasar. (foto : ist)

“Bencana bisa datang kapan saja, semua daerah memiliki kerawanan tersensiri, apalagi daerah yang yang dilalui cincin api. Karena itu, semua pihak harus waspada dan memahami yang namanya mitigasi bencana, sehingga kalaupun nanti terjadi bencana, resiko terburuknya dapat diminimalisir,” jelasnya

Oleh sebab itu, lanjut Joni, pihaknya terus melaksanakan sosialisasi tentang mitigasi bencana dengan menyasar seluruh elemen masyarakat, mulai dari pusat pemerintahan, perkantoran, hotel, restoran, rumah sakit, sekolah, fasilitas publik, hingga Linmas dan pecalang sebagai ujung tombak sosialisasi di tingkat desa/kelurahan.

“Mitigas bencana harus dipahami seluruh masyarakat, dan semua elemen hingga yang teebawah harus bahu membahu saling memberi pengetahuan tentang mitigasi bencana,” tandasnya.

BACA JUGA:  Maknai Hari Kasih Sayang, Bupati Eka Sambangi 'Dadong' Yuni dan Undang Puluhan Anak Yatim

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan, yakni sosialisasi penanganan bencana bagi pecalang dan Linmas, edukasi dini mitigasi bencana kepada siswa TK/PAUD, simulasi bencana dengan menyasar sekolah, fasilitas umum serta lokasi strategis dengan jumlah kumpulan masyarakat yang banyak.

Semua kegiatan tersebut dikemas mulai dari cara memadamkan api, cara menyelamatkan diri pada saat terjadi gempa dan tsunami, serta aspek-aspek penting mitigasi bencana lainya.

“Kita di BPBD Kota Denpasar sudah sejak dulu gencar memberikan edukasi mitigasi bencana guna meminimalisir resiko saat terjadinya bencana. Hal lainya yang turut disosialisasikan, yakni tata cara mengatasi hewan liar, serta gangguan lainya yang beresiko,” demikian Joni Ariwibawa. (tra)