Presiden Jokowi Buka Temu Karya Nasional TTG XX dan PINDesKel 2018

Presiden Joko Widodo membuka acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018. (foto : agw)
Beritabalionline.com –┬áPresiden Joko Widodo bersama Ny. Iriana Joko Widodo membuka acara Temu Karya Nasional Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XX dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (PINDesKel) 2018 di Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali, Jumat (19/10/2018).
Turut mendampingi Kepala Negara di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Eko Putro Sandjojo dan Gubernur Bali Wayan Koster.
“Perbedaan warna-warni itu kelihatan dalam tarian yang kita lihat barusan. Dan aset terbesar bangsa ini adalah persatuan dan kerukunan. Kalau kekuatan ini bisa kita satukan kita akan memiliki kekuatan yang besar,” kata Presiden Jokowi dalam sambutannya.
Dalam kesempatan tersebut Presiden mengatakan, dirinya melihat banyak desa berhasil mengangkat desanya menjadi tempat wisata baru dengan pendapatan tidak sedikit. Untuk itu, Presiden berharap agar pembangunan bangsa dimulai dari desa.
“Pembangunan di desa juga harus menggunakan bahan dari desa tersebut. Saya berharap desa mulai menggunakan teknologi tepat guna dan aplikasi sistem yang semakin terjangkau sehingga desa bisa dipasarkan,” pintanya.
Sementara Gubernur Wayan Koster yang hadir bersama Ny. Putri Suastini Koster mengucapkan terima kasih atas kepercayaan terhadap Bali untuk ditunjuk menjadi tuan rumah acara berskala nasional ini.
“Kehadiran peserta dari seluruh Indonesia akan memberikan kontribusi terhadap pembangunan di Bali,” ucapnya.
Temu Karya Nasional TTG XX dan PINDesKel 2018 merupakan acara tahunan yang diadakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa (PMD) Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa PDTT. Tujuan kegiatan ini untuk mencari kreator dan inovator di daerah dalam pengembangan teknologi.
Acara pembukaan yang dihadiri sekitar 7.000 peserta dari seluruh Indonesia ini ditandai dengan pementasan kolosal berjudul “Bhinneka Tunggal Ika Maha Sakti” persembahan sanggar Mario Bros dari Kabupaten Badung. (agw)
BACA JUGA:  Ini Dampak Buruk Terlalu Lama Gunakan Gadget Selama WFH