869 CPNS di Pemkot Denpasar Tidak Lolos Ferivikasi

Kepala BKPSDM Kota Denpasar I Ketut Mister. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Setelah pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kota Denpasar ditutup pada Senin (15/10/2018) lalu, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Denpasar menerima sebanyak 4.558 pendaftar.

Dari jumlah tersebut, hasil akhir ferivikasi menyatakan sebanyak 869 pendaftar dinyatakan tidak lolos verifikasi. Sementara yang sudah lolos ferivikasi sebanyak 3.689 pelamar.  Mereka yang tidak lolos verifikasi karena kekurangan berbagai hal dalam pendaftaran, di antaranya karena ijazah tidak asli, transkrip ijazah tidak asli, aktifikasi tidak sesuai dengan tanggal kelulusan, dokumen upload tidak lengkap, dan data yang di upload tidak terbaca.

Hal itu diungkapkan Kepala BKPSDM Kota Denpasar, I Ketut Mister yang didampingi Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi, Komang Lestari Kusuma Dewi seusai rapat Pansel, di Denpasar, Jumat (19/10/2018).

Menurut Mister, saat ini pelaksanaan ferivikasi telah dilakukan untuk keseluruh pelamar. Selanjutnya akan dilaksanakan tahapan proses berikutnya dengan mengumumkan hasil ferivikasi pada tanggal 21 Oktober mendatang melalui sistem. Disamping akan diumumkan dengan menempelkan mereka yang lolos ferivikasi pada papan pengumuman.

“Ferivikasi seleksi CPNS di Kota Denpasar kita telah tuntaskan, dengan  hasil yang tidak lolos ferivikasi ada 869 orang. Sedangkan untuk tahapan proses pengumuman hasil ferivikasi akan dilaksanakan nanti tanggal 21 Oktober 2018 mudah-mudahan tidak berubah,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketut Mister menyampaikan bahwa untuk proses pelulusan pelamar CPNS nantinya murni berdasarkan kemampuan dari pelamar itu sendiri. “Kami tidak pernah menjanjikan kelulusan pada pelamar CPNS. Semua kelulusan hingga menjadi CPNS murni kemampuan dari pelamar itu sendiri,” ujar Ketut Miseter.

Selanjutnya ia mengingatkan, para CPNS untuk tidak mudah percaya begitu saja oleh iming-iming oknum tertentu  yang mengaku bisa meloloskan menjadi CPNS. Mengingat proses perekrutan CPNS saat ini sangat terbuka dan transparan sehingga semua pihak dapat melakukan pengawasan.

BACA JUGA:  DPRD Tabanan dan Eksekutif Sepakat Tetapkan 3 Ranperda Jadi Perda

Sementara Kabid Pengadaan Pemberhentian dan Informasi BKPSDM Komang lestari Kusuma Dewi menambahkan, setelah proses pengumuman ferivikasi yang akan dilaksanakan tanggal 21 Oktober mendatang akan dilanjutkan dengan tes CAT SKD (seleksi kompetensi dasar).

Untuk waktu pelaksanaan CAT SKD antara tanggal 26 Oktober hingga 17 Nopember. “Tepatnya kapan pelaksanaan tes CAT SKD akan ditentukan oleh BKN,” ujarnya.

Untuk pelaksanaan CAT di Bali akan dilaksanakan di Tabanan, Gianyar dan di Denpasar. Sedangkan untuk tes CAT SKD pelamar CPNS Denpasar kemungkinan dilaksanan di BKN Regional X Denpasar. (tra)