‘PSC 119’ Akan Disempurnakan

Rombongan Humas Protokol Pemkab Karangasem saat diterima di Pemkot Surabaya.

Beritabalionline.com – Pemkab Karangasem dalam hal ini Humas Protokol Setda Karangasem akan mencoba menerapkan pola penguatan kapasitas media dalam penyebarluasan pembangunan seperti yang diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Asisten III Setda Kabupaten Karangasem, I Wayan Purna kepada wartawan usai kunjungan ke Pemkot Surabaya, baru-baru ini. Dijelaskan, peran media khususnya wartawan sangat penting di Surabaya, yakni berbagai kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkot Surabaya bisa terekpose dengan baik oleh seluruh media yang ada di Surabaya.

Satu hal yang menarik menurutnya, adalah kebersihan kota Surabaya yang terjaga dan tertangani dengan baik, dan ada peran media yang mampu membangkitkan semangat masyarakat Kota Surabaya utamanya di masing-masing RT-RW untuk berubah ke pola hidup bersih dan sehat hingga baik secara mandiri maupun binaan Pemkot Surabaya untuk menjadikan kampung mereka menjadi kampung asri. Selain itu untuk memberikan respon cepat terhadap masyarakat terkait permasalahan yang terjadi, Pemkot Surabaya selain melalui media radio, juga membuka hotline 112, yang akan direspon langsung oleh dinas terkait.

“Semisal jika terjadi kebakaran, masyarakat bisa langsung menghubungi layanan darurat atau Comand  Center 112 dan Pemadam Kebakaran harus sudah berada di lokasi kejadian dalam 7 menit. Jika tidak, maka dinas bersangkutan harus membuat laporan terkait hal itu,” ucapnya.

Namun demikian Pemkab Karangasem juga tengah merintis hal itu, dimana untuk layanan kegawatdaruratan saat ini Karangasem sudah memiliki Public Safety Center (PSC) 119. Artinya tinggal melakukan penyempurnaan sehingga dengan satu dial telepon bebas pulsa semua layanan dari seluruh dinas bisa diberikan dengan cepat kepada masyarakat.

Sementara terkait dengan peningkatan kapasitas dan peran media, Pemkot Surabaya membentuk Kelompok Kerja (Pokja) Media, yakni di Surabaya sendiri ada beberapa Pokja Media yang terdiri dari berbagai unsur media baik cetak maupun elektronik termasuk media online.  “Kita juga tertarik denggan Pokja Media, dan kita akan upayakaan untuk membentuknya di Karangasem,” lontarnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Dedik Irianto, saat menerima rombongan Humas Pemkab dan awak Media Kabupaten Karangasem, menyebutkan, selama ini perusahaan media dan awak media yang bertugas di Pemkot Surabaya bersinergi dengan baik dengan pemerintah.

“Kami juga secara rutin menggelar ‘media gathering’ dengan mengundang seluruh awak media serta seluruh Kepala OPD. Disana kami bisa saling sharing dan membahas berbagai isu yang berkembang di Surabaya,” ucap Dedik Iriannto, sembari menyebutkan di Surabaya sendiri tercatat ada sebanyak 70 lebih wartawan dari berbagai media, dan yang terbanyak adalah media online. Selain pula ada bebabagai program lainnya yang dilaksanakan oleh wartawan di masing-masing Pokja. (jab)