Pemkab Akan Revitalisasi Pasar Umum Gianyar

Bupati Made Mahayastra dan jajaran DPRD Gianyar saat rapat kerja.

Beritabalionline.com Mengawali masa pemerintahannya di Kabupaten  Gianyar, Bupati Gianyar Made Mahayastra akan memulai dengan sejumlah pembangunan, salah satunya yakni  renovasi Pasar Umum Gianyar  yang akan  direncanakan pembangunan Pasar Gianyar dengan 2 lantai bawah tanah untuk parkir dan dua lantai untuk pedagang.

Hal ini diungkapkan Bupati Made Mahayastra saat rapat kerja dengan jajaran DPRD Gianyar Senin (15/10/2018). Dalam paparannya, Made Mahayastra mengatakan pihaknya sudah menyiapkan penataan di setiap lantai.

Menghubungkan setiap lantai tersebut akan di pasang escalator. “ Karena itu, tentu terkait penataan pedagang nanti akan menyesuaikan dengan jenis dagangannya. Artinya pedagang daging di lantai berapa, pedagang kain di lantai berapa dan sebagainya. Itu nanti akan diatur dan ditata sedemikian rupa,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati Mahayastra menjelaskan rencana pembangunan  Pasar Gianyar. Dimana pembangunannya menelan dana sekitar Rp 200 milyar serta memastikan tidak ada target BEP (break event poin) yang ditepatkan. “Karena itu, untuk pasar ini kami tak hitung (kapan) BEP. Itu tidak bisa, “ katanya.

Agus Mahayastra beralasan hal tersebut dilakukan karena Pasar Gianyar lebih berfungsi sebagai pelayanan masyarakat, sekaligus meningkatkan ekonomi kemasyarakatan.

Bupati Mahayastra juga mengatakan bahwa semua pedagang tradisional sudah mendatangani formulir terkait proses revitailsasi ini. Kecuali yang pemilik toko. “ Itu (pemilik toko-red) akan kami intensifkan lagi komunikasinya. Jika sudah klir semua, kami berencana mengundang sekitar 600 pedagang yang aktif tersebut untuk makan bersama,” ucapnya.

Sejumlah kalangan DPRD Gianyar pada kesempatan itu menyetujui rencana tersebut. Diharapkan dalam pembangunan pasar masih tetap mengedepankan Arsitektur Tradisional Bali dan dengan tampilan modern.(yes)

BACA JUGA:  Jokowi Bertemu Tiga Ketum Parpol di Bogor