Kapolresta Denpasar Tempati Posisi Baru sebagai Dir Pol Air Polda Bali

Kombes Pol. Hadi Purnomo. (foto : ist)
Beritabalionline.com – Gerbong mutasi pucuk pimpinan di jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bali bergulir. Berdasarkan Surat Telegram (ST) Kapolri dengan nomor ST/2595/X/Kep./2018 tertanggal 14 Oktober 2018, yang ditandatangani Asisten SDM Polri Irjen Pol Eko Indra Heri, sejumlah perwira menengah (Pamen) jajaran Polda Bali yang sebelumnya menduduki jabatan strategis bergeser dari posisi semula.
“Kombes Pol Hadi Purnomo ikut dimutasi, pindah menjadi Dir Polair Polda Bali. Jabatan Kapolresta Denpasar digantikan AKBP Ruddi Setiawan, sebelumnya menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Bali,” terang sumber di lingkungan Mapolda Bali, di Denpasar Selasa (16/10/2018).
Sumber melanjutkan, Hadi Purnomo menggantikan Kombes Pol Sukandar yang diangkat menjadi Widyaiswara Muda Sespimti Sespim Lemdiklat Polri. Sedangkan, jabatan Wadir Reskrimsus Polda Bali yang ditinggalkan AKBP Ruddi Setiawan diisi oleh Kapolres Klungkung AKBP Bambang Tertianto. Kapolres Klungkung selanjutnya akan dijabat oleh AKBP I Komang Sudana, Kasubdit III Dit Reskrimum Polda Bali.
Selain pejabat Pamen di atas, terdapat tiga pejabat Pamen lainnya seperti Direktur Direktorat Intelkam Polda Bali, Kepala Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Denpasar dan Kabid Keuangan Polda Bali juga ikut diganti.
Dari sejumlah perwira yang dimutasi, hanya sosok Kombes Pol Hadi Purnomo yang menjadi perbicangan. Pasalnya, banyak kasus besar dan menyita perhatian publik belum diselesaikan oleh Kombes Hadi yang menjabat sebagai Kapolresta Denpasar sejak 12 Juli 2016 silam ini.
Kasus tersebut seperti perampokan Money Changer di kawasan Kuta Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta, Sabtu (4/2/2017) silam, perampokan di mesin ATM Maybank di Surfers Paradise Jalan By Pass Ngurah Rai, Kedonganan, Kuta, Badung, Jumat (17/11/2017), perampokan mesin ATM Bank CIMB di areal Supermarket Nirmala, Jalan Pantai Balangan, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Kamis (1/3/2018), serta sejumlah kasus lain.
Dikonfirmasi terpisah terkait mutasi pejabat Pamen di jajaran Polda Bali, Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Hengky Widjaja membenarkan bahwa TR sudah turun dan tinggal menunggu sertijab yang belum diketahui waktunya.
Ketika disinggung apakah ada persoalan sehingga dilakukan mutasi pejabat Pamen Polda Bali secara besar-besaran, dengan tegas Kombes Hengky membantah. “Mutasi dalam organisasi khususnya di tubuh kepolisian adalah hal biasa. Ini untuk penyegaran dan untuk promosi jabatan,” jelas Kabid Humas. (agw)