Rabu dan Kamis Pegawai Pemkot Denpasar ‘Mebahasa’ Bali

IGN Jaya Negara saat launching penerapan Berbahasa dan Busana Adat Bali di lingkungan Pemkot Denpasar. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Pemerintah Kota Denpasar telah mencanangkan hari Kamis sebagai hari berbahasa Bali dan penggunaan busana Bali. Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busana Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa.

Demikian disampaikan Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara saat ditemui usai pencanangan hari berbahasa Bali dan busana adat Bali, Kamis (11/10/2018) di Pura Jagatnatha Denpasar.

Pencanangan tersbut dihadiri Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede besera sejumlah anggota DPRD dan Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara beserta Kepala OPD dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Denpasar.

Pencanangan hari Kamis berbahasa dan berbusana Bali diawali dengan penampilan tari Rejang Renteng dan Rejang Dedari yang dibawakan oleh perwakilan pegawai Pemkot Denpasar.  Dilanjutkan dengan persembahyangan bersama yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Ketut Peling, dari Geriya Puniawati Bengkel.

Dengan begitu, maka resmilah penerapan Pergub Bahasa dan Busana Adat Bali, dan pencanangan rahina mebahasa Bali (hari berbahasa Bali) di lingkungan Pemkot Denpasar bertambah menjadi hari Rabu dan Kamis.

Lebih lanjut IGN Jaya Negara mengatakan, Pemerintah Kota Denpasar sendiri telah melaksanakan hari Rabu sebagai hari berbahasa Bali dan Purnama, Tilem berbahasa serta berbusana Bali sejak tahun 2016 sesuai dengan Surat Edaran Wali kota Denpasar Nomor 434/1419/BKPP tertanggal 28 September 2016 ke seluruh instansi Kota Denpasar.

Hal ini sejalan dengan adanya Pergub yang mengatur penggunaan bahasa dan busana adat Bali di seluruh Bali. “Ini semakin memperkuat pelaksanaan penggunaan bahasa dan busana adat Bali di Kota Denpasar,” demikian Jaya Negara. (tra)

BACA JUGA:  Dilepas Menristekdikti, Ribuan Orang Ikuti Gerak Jalan Sehat Hakteknas 2019