Bupati Suwirta Ajak Sekaa Teruna Lestarikan Adat dan Budaya

Bupati Nyoman Suwirta saat menghadiri perayaan HUT ke-43 ST Dharma Laksana.(foto: ist)

Beritabalionline.com – Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengajak anggota Seka Teruna (ST)  Dharma Laksana untuk melestarikan adat dan budaya Bali.

“Adat dan budaya harus dikembangkan dengan baik agar tidak terputus dari tongkat estafet adat budaya yang tidak dilanjutkan dengan baik,” pesan Bupati Suwirta saat menghadiri HUT ke-43 ST Dharma Laksana di Banjar Jabon, Desa Sampalan Tengah, Kecamatan Dawan, baru-baru ini.

Hadir juga pada acara terserbut Camat Dawan  AA Gede Putra Wedana, Bendesa Adat Wewidangan Sampalan Tengah Kadek Oka Adnyana serta undangan lainnya.

Lebih jauh Bupati Suwirta menyatakan perayaan ulang tahun sekaa teruna bukan hanya merupakan rutinitas, karena yang terpenting adalah evaluasi selama satu tahun apa yang sudah dilakukan output dan income terhadap sekaa teruna. Dari kegiatan ini bagaimana peran sekaa teruna dalam mempererat hubungan kekeluargaan antar krama, melatih dan mendidik membiasakan berkomunikasi dengan sekaa teruna agar kedepanya siap menjadi krama.

Ketua ST Dharma Laksana Putu Bayu Apriadi melaporkan rangkaian ulang tahun melaksanakan berbagai kegiatan  lomba, antara lain Lomba Nyuun Sokasi yang diikuti oleh pecalang krama Banjar Jabon, lomba tarik tambang yang diikuti ibu-ibu PKK dan ST Dharma Laksana, lomba makan kerupuk serta lomba-lomba lainnya.

Tahun ini mengangkat tema “Meningkatkan Kreativitas, Solidaritas Generasi Muda yang Berbudaya dan Berkarakter” yang tujuannya menanamkan rasa jiwa solidaritas, tanggung jawab dalam mengemban tugas secara individu maupun berkelompok, serta mengembangkan kebiasaan dan perilaku yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal serta tradisi budaya yang religius.

Pada kesempatan itu, Bupati Suwirta menyerahkan hadiah kepada juara pemenang lomba dan  melakukan pemotongan tumpeng yang diserahkan kepada Ketua ST Dharma Laksana Putu Bayu Apriadi dan mengajak seluruh ST Dharma Laksana untuk bersama memerangi narkoba dengan yel yel “Narkoba No, Prestasi Yes”. (huk)