Presiden Jokowi Buka Asian Para Games dengan Melepas Busur Panah

Pembukaan Asian Para Games 2018.

Beritabalionline.com – Presiden Joko Widodo secara resmi membuka perhelatan Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). Jokowi berharap, ajang olahraga dua tahunan untuk penyandang disabilitas ini bisa menunjukkan kegigihan, prestasi, dan menjunjung tinggi kemanusiaan.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahmin saya nyatakan dengan resmi Asian Para Games dibuka,” kata Jokowi.

“Selamat berjuang, sukses!” lanjutnya.

Di pembukaan pesta olah raga bagi kaum difabel ini, Jokowi kembali menunjukkan aksinya. Kali ini Jokowi beraksi dengan busur panahnya. Didampingi dua atlet panahan Asian para games, Jokowi melepaskan busur panahnya. Sekaligus membuka perhelatan pesta olah raga kaum difabel ini.

Pria kelahiran Solo, Jawa Tengah ini juga mengaku bangga atas kehadiran seluruh atlet, kontingen, pejabat tinggi dari 43 negara anggota Komite Paralimpiade Asia (APC) di Asian Para Games 2018.

“Atas nama seluruh rakyat Indonesia, saya bangga menyambut kehadiran bapak, ibu, saudara, tamu-tamu istimewa dari 43 negara,” tuturnya.

Jokowi tiba di GBK pukul 19.05 WIB. Mengenakan setelan jas lengkap berwarna hitam, Jokowi didampingi sang istri, Iriana. Iriana nampak mengenakan kebaya ungu.

Bersamaan dengan Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan istri, Mufidah juga tiba di lokasi. Hadir juga Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden ke-6 Jenderal (Purn) TNI Try Sutrisno, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Kemudian Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Asian Para Games dilaksanakan pada 6-13 Oktober 2018 yang dipusatkan di GBK. Ajang ini mengambil tema “Inspiring Spirit And Energy of Asia”.

BACA JUGA:  KONI Denpasar Bidik Juara Umum Porprov Bali

Sebanyak 18 cabang olahraga akan dipertandingkan. Ada 3.000 atlet dari 43 negara anggota Komite Paralimpiade Asia yang berpartisipasi di Asian Para Games 2018 ini. *sdn/itn