Cuma Modal Kunci T, Buruh Proyek Bawa Kabur Puluhan Sepeda Motor

Pelaku pencurian sepeda motor dan dua penadah diamankan di Mapolsek Denbar. (foto : agw)

Beritabalionline.com – Dua bulan melakukan penyelidikan tim Opsnal Unit Reskrim Polsek Denpasar Barat berhasil meringkus seorang pelaku pencurian sepeda motor bernama Muhammad Rohman (27). Selain tersangka, petugas juga tengah mengejar satu pelaku lain yang saat ini masih buron.

“Pada bulan Agustus dan September kemarin kita mendapat tiga laporan dari masyarakat yang mengaku kehilangan sepeda motor dengan TKP seperti di Taman Kota Lumintang, jalan Gunung Soputan, dan jalan Gatot Subroto Denpasar. Laporan tersebut kita tindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan,” kata Kapolsek Denpasar Barat Kompol Adnan Pandibu dalam jumpa pers, di Denpasar, Selasa (2/10/2018).

Dari keterangan salah satu korban bernama Putu Saniasa (36), saat itu ia memarkir sepeda motor miliknya di pinggir Jalan Gatot Subroto depan SMPN 10 Denpasar, Rabu (19/9/2018) sekitar pukul 20:00 Wita. Hanya berselang lima belas menit, sepeda motor tersebut sudah hilang dan langsung dilaporkan ke kantor polisi.

“Berdasarkan hasil olah TKP, informasi dari masyarakat yang kita kumpulkan, termasuk kasus pencurian sepeda di wilayah Polsek lain, kita kemudian dapatkan ciri-ciri pelaku. Selanjutnya Minggu (30/9/2018) sekitar pukul 20:00 Wita, pelaku curanmor kita amankan di jalan Raya Tabanan Simpang Gerokgak. Saat penangkapan pelaku membawa motor  Yamaha R15 yang diduga hasil curian,” beber Kapolsek.

Kepada polisi, pelaku mengaku telah melakukan aksi pencurian di 27 TKP di wilayah hukum Polresta Denpasar. Sebagian sepeda motor hasil curian dijual kepada dua orang penadah masing-masing bernama Wasis (31) dan Jhoni (31). Keduanya kemudian digelandang ke Mapolsek Denpasar Barat.

“Pelaku menggunakan kunci T yang terbuat dari alat untuk memahat batu. Aksinya juga tergolong cukup cepat, tidak lebih dari lima menit sudah bisa membawa kabur sepeda motor milik para korban. Pelaku sendiri sebelumnya sudah melihat, kalau tutup pengaman kunci motor terbuka, dia langsung beraksi, kalau tertutup, pelaku tidak akan mengambil karena kesulitan untuk membukanya. Ini juga perlu dipahami oleh masyarakat bahwa di sanalah fungsi tutup pengaman,” kata Kompol Adnan, mengingatkan.

BACA JUGA:  Diduga Lakukan Penghinaan, Pemred BBO Laporkan Pemilik Akun FB ke Polda Bali

Dari tangan pelaku yang sehari-hari menjadi buruh proyek ini, petugas mengamankan 6 unit sepeda motor hasil kejahatan. Sementara sisanya sudah dijual oleh pelaku dan belum diketemukan oleh petugas. *agw