Donggala Diguncang Gempa 7,7 SR, Dirasakan Sampai Samarinda

Donggala diguncang gempa, masyarakat dibuat panik. (foto : merdeka.com}

Beritabalionline.com – Gempa berkekuatan 7,7 SR yang berpusat di Donggala juga dirasakan sejumlah wilayah di Kalimantan Timur. Di Samarinda, pengunjung hotel dan pusat perbelanjaan berlarian keluar gedung menyelamatkan diri.

Sejumlah daerah yang juga merasakan guncangan gempa yakni Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, dan Tanjung Redeb, di Kabupaten Berau.

Di Samarinda, tamu Hotel Aston Jalan Pangeran Hidayatullah, berlarian menyelamatkan diri, keluar gedung.

“Saya lagi di kamar, lantai 15, habis salat Magrib. Kepala saya sempat pusing, saya kira habis dari perjalanan Balikpapan ke Samarinda. Tidak tahunya ini gempa,” kata Imriyana (36), warga Balikpapan, ditemui merdeka.com di halaman Hotel Aston, Jumat (28/9/2018) malam.

“Ada hampir 1 menit. Goyang kedua terasa kencang mas. Saya langsung keluar kamar, menuju ke lantai satu. Ternyata sudah banyak orang keluar hotel,” ujar Imriyana.

Getaran gempa juga dirasakan tamu hotel lainnya, Nardo (30) asal Jakarta. “Saya undangan seminar di sini. Lagi istirahat di lantai 15, barang-barang dan lampu kok gerak-gerak. Saya mulai panik,” ujar Nardo, dilansir Merdeka.com.

“Sempat diam, getar dan goyang lagi. Orang di luar kamar teriak segera ke emergency exit, saya turun ke lantai 1. Saya rasakan sekitar 10 detik, terasa sekali gempanya,” sebut Nardo.

“Lantai kok seperti goyang. Ramai keluar mal semua, anak-anak teriak. Terutama anak kecil,” kata Eka (25), salah seorang karyawati Samarinda Central Plaza (SCP) yang berada bersebelahan dengan Hotel Aston.

Karyawan sejumlah toko lebih dari 3 lantai ikut keluar toko. Termasuk pusat belanja Mal Mesra Indah di Jalan KH Abul Hasan. Sampai pukul 18.50 WITA, mereka masih berada di pinggir jalan, memastikan benar-benar aman.