Tingkat Kesejahteraan Petani, Anggota Komisi IV DPR RI Serahkan Bantuan Traktor

Gus Adhi (baju putih-kuning) saat menyerahkan traktor kepada kelompok Tani Umawani Subak Sembung. (foto : agw)

Beritabalionline.com – Anggota Komisi IV DPR RI dapil Bali, Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi mengemukakan, tingginya alih fungsi lahan diharapkan bisa menjaga sektor pertanian untuk tetap memberikan hasil yang baik guna kesejahteraan petani.

Hal tersebut dikatakan Gus Adhi saat menyerahkan bantuan satu unit traktor kepada kelompok Tani Umawani Subak Sembung, Peguyangan Kaja, Denpasar Utara.

“Saya yakin pertanian masih bisa ditingkatkan sepanjang petani tetap semangat menjaga kearifan lokal yang ada. Sebab Bali memiliki subak yang tak dimiliki daerah lain. Ini potensi yang sangat besar untuk membentengi pertanian,” ucapnya di Denpasar, Minggu (23/9/2018).

Gus Adhi menambahkan, sebagai pertanian yang terpadu dengan ekowisata Subak Sembung, kebersihan lingkungan harus dijaga. Selain itu, kuantitas, kualitas dan kontinyuitasnya produk juga harus diutamakan.

“Dengan integrasi pertanian dan kegiatan ekowisata dapat memberi nilai tambah bagi para petani, alam akan tetap lestari, sekaligus bisa mencegah alih fungsi lahan,” tuturnya.

Sementara, Sekretaris Kelompok Umawani A.A. Sanjaya mengatakan, di lokasi ini telah dikembangkan ekowisata yakni ‘Ekowisata Bedugul Barak’ yang berada dalam Subak Sembung, dengan pengnjung rata-rata per hari khususnya Sabtu dan Minggu sekitar 200 orang.

“Di kawasan yang hijau ini, pengunjung selain berekreasi juga bisa terjun langsung menanam, membuat ‘lelakut’ dan outbond. Pengunjung juga bisa langsung mendapatkan produk segar yang ditanam petani,” jelasnya.

Penyerahan bantuan sekaligus memperingati Hari Tuna Rungu Internasional itu turut dihadiri anggota DPRD Kota Denpasar Putu Oka Mahendra, serta puluhan anggota kelompok tani Umawani. (agw)

BACA JUGA:  Ranperda Perubahan APBD Kota Denpasar 2018 Ditetapkan Jadi Perda