Hari Perdamaian Dunia di Bali Diperingati dengan Doa Bersama dan Sarasehan Damai

Sarasehan dalam rangka memperingati Hari Perdamain Dunia. (foto : ist)

Beritabalionline.com – Hari perdamaian dunia diperingati setiap tanggal 21 September. Di Bali, untuk tahun ini puncak peringatan Hari Perdamaian Dunia digelar doa bersama dan sarasehan damai di Taman Gong Perdamaian Dunia Kertalangu, Denpasar Timur.

Salah satu pembicara, Ida Rsi Acarya Waisnawa Agni Budha Wisesanatha saat sarasehan mengatakan bahwa kedamaian itu hanya bisa terwujud jika semua orang bisa menghormati dirinya sendiri dan orang lain,

“Seperti yang dikatakan Steve Job “stay foolish stay hungry”, jangan merasa paling suci, paling benar, dan paling pintar, sehingga muncul rasa arogansi menuding orang lain seolah-olah lebih bodoh dari kita, kemudian menuntut orang itu menjadi pintar dengan cara yang aneh-aneh,” ujarnya dalam rilis yang diterima beritabalionline.com di Denpasar, Minggu (23/9/2018), .

Menurut pria yang saat masih Walaka bernama Made Suryawan ini, dalam konteks damai kita harus selalu berada dalam kesadaran.

Sementara Ketua BKOW Provinsi Bali, Dr. A.A Tini Rusmini Gorda, S.H, M.M, M.H, menekankan  makna perdamaian dengan dua kata kunci, yakni sabar dan ikhlas.

Dia  mencontohkan dirinya yang selama ini bergelut dalam dunia pendidikan. Ia harus sabar dalam beradaptasi dengan berbagai karakter karyawan, guru, dosen yang dikelola oleh pengusaha wanita ini agar bisa diterima di hati mereka.

“Sabar untuk bisa menerima semua karakter yang ada dan ikhlas jika semua yang saya harapkan tidak menjadi harapan banyak orang. Semua pasti ada kadaluwarsanya, kita jalani saja semua ini dengan sabar dan ikhlas agar damai, karena damai itu sesungguhnya  sederhana,” tuturnya.

Turut hadir dalam sarasehan yang dikoordinir oleh Dr. dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK., itu  pemilik Gong Perdamaian Ketut Suardhana Linggih, beberapa ketua asosiasi pengusaha, para pengusaha, SC & OC Gema Perdamaian, serta mahasiswa dari perguruan tinggi di Bali. (agw)

BACA JUGA:  Tari Baris Jangkang Pelilit Nusa Penida Masuk Nominasi API 2020